Menciptakan ASN Bertalenta Digital, Balai TN Taka Bonerate Gelar Peningkatan Kapasitas

Senin, 20 Mei 2024 BTN Taka Bonerate

Benteng - Kepulauan Selayar, 20 Mei 2024. Balai Taman Nasional (TN) Taka Bonerate menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Personil Resort bersama Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dengan tema Penggunaan Aplikasi SMART PATROL & Optimalisasi Implementasi Sistem Manajemen Data Taman Nasional Taka Bonerate (SiMataTaka) untuk mendukung pengelolaan taman nasional Taka Bonerate berbasis resort (tapak), Minggu (19/5).

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 19 hingga 21 Mei 2024 di Rayhan Square Hotel, yang dibuka oleh Plt. Kepala Balai TN Taka Bonerate Raduan, SH.,M.A.P dengan dihadiri oleh 35 peserta dari tenaga fungsional Polhut, PEH dan Penyuluh Balai TN Taka Bonerate, serta 12 orang dari anggota Masyarakat Mitra Polhut.

"Dengan adanya kegiatan peningkatan kapasitas dan optimalisasi sistem manajemen data ini diharapkan teman-teman di tingkat tapak semakin bersemangat mengumpulkan data spasial, apa lagi akan dibantu oleh anggota MMP," ujar plt. Kepala Balai disela-sela sambutannya.

Salah satu tujuan dalam kegiatan ini adalah meningkatkan skill personil di resort dan anggota Masyarakat Mitra Polhut serta menciptakan Asn bertalenta digital. Peningkatan Kapasitas ini dilaksanakan atas kerjasama Balai TN Taka Bonerate dengan mitra WCS_IP.

Adapun materi-materi yang dipaparkan pada sesi pertama adalah tentang kebijakan tata kelola data dan informasi Balai TN Taka Bonerate yang dibawakan oleh Usman, S.Hut.,MP, terus dilanjutkan materi kedua oleh Taufik Hidayat, S.Kom dengan materi Sistem Manajemen Data Taman Nasional Taka Bonerate (SiMATA TAKA), kemudian materi ketiga manajeman Data Spasial untuk Mendukung Pengelolaan Berbasis Resort yang dibawakan oleh Asri, S.Sos. Dengan moderator Saleh Rahman, SP., M.Sc dan Khoirul Anam, S.Kel. Setelah Ishoma dilanjutkan sesi kedua dengan pemaparan Implementasi Resort Base Management (RBM) dari seluruh resort.

Keesokan harinya akan dilanjutkan dengan materi-materi tentang operasional aplikasi-aplikasi smart patrol dan prakteknya dilapangan dengan pemateri dari Balai TN Taka Bonerate dan WCS-IP.

Sumber: Fahmi Syamsuri - Koordinator Polhut, Andi Rezki Mutmainnah - PEH Ahli Pertama

Sumber Foto & Video : Arsil - WCS IP

Editor : Asri - Humas Balai TN Taka Bone

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini