Cerita Taruni Politeknik AUP Jakarta, 90 Hari di TN Taka Bonerate

Selasa, 14 Mei 2024 BTN Taka Bonerate

Benteng - Kepulauan Selayar, 14 Mei 2024. Setelah 90 hari di Taman Nasional (TN) Taka Bonerate, dua taruni Politekni Ahli Usaha Perikanan Jakarta ini akhirnya telah selesai melakukan program praktik akhir dan magangnya dengan baik.

"Alhamdulillah, akhirnya selesai juga praktik akhir dan magang kami dengan baik dan sehat walafiat, tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada bapak-bapak sudah membantu dan mendampingi kami selama dilapangan," ujar Murti salah satu taruni yang baru saja presentasi hasil sementara di depan para pimpinan Balai TN Taka Bonerate.

Sudah tradisi bagi setiap mahasiswa sebelum dan setelah melaksanakan penelitian ataupun magang di dalam kawasan Taman Nasional Taka Bonerate harus presentasi di depan pimpinan dan staf Balai TN Taka Bonerate.

"Ini sudah kewajiban seorang mahasiswa atau peneliti yang ingin atau sudah berkegiatan, harus presentasi di depan para ASN Balai," jelas Raduan Plt Kepala Balai TN Taka Bonerate.

Dikesempatan yang sama Ka Subag TU Usman menambahkan bahwa selain presentasi para mahasiswa yang ingin berkegiatan atau penelitian terlebih dahulu mengisi Simaksi (Surat Izin Masuk Kawasan).

"Sebelum berkegiatan salah satu prosedur yang harus dipenuhi adalah mengisi Simaksi, dan untuk mempermudah kami sudah siapkan E-Simaksi, jadi ngisinya bisa online dan itu bayarnya nol Rupiah" Jelas Usman.

Kedua taruni ini mempunyai kegiatan praktik akhir atau penelitian yaitu Ditribusi Kerang Kima (Tridacna Sp) dan Hubungan Kerapatan Lamun (Seagrass) dengan Kelimpahan Gastropoda di 3 Pulau, yaitu P. Tarupa Kecil, P. Tinabo Besar dan Rajuni Besar. Adapun tujuan kegiatan penelitiannya adalah mengkaji indeks kelimpahan, pola sebaran indeks keanekaragaman, seragaman dan dominansi sedangkan pada lamun yaitu mengkaji struktur ekosistem lamun, kualitas perairan, hubungan ekosistem lamun dan gastropoda.

Hasil kegiatan penelitian yang dilakukan oleh kedua Taruni Politkenik AUP Jakarta sangat diapresiasi oleh para pimpinan yang hadir, Plt Kepala Balai dan Ka Subag TU. "Kami ucapkan terima kasih atas selesainya kegiatan praktik akhir ini, hasilnya ini sangat mendukung data tematik kami sebagai pengelola, jika laporannya selesai segera ditembuskan ke kami baik itu dalam soft atau hard copynya," Ucap Plt Kepala Balai Raduan.


Penyerahan Sertifikat dari Balai TN Taka Bonerate pada akhir giat presentasi sebagai tanda telah melakukan kegiatan dan tak lupa penyerahan plakat kenang-kenangan dari pihak Taruni Politekni AUP Jakarta.

Nah, untuk mahasiswa yang ingin magang atau penelitian silahkan menghubungi call center atau sosial media kami.

Sumber: Asri - Humas Balai TN Taka Bonerate

Sumber Foto : Gilman Mudassir - Humas Balai TN Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini