Melihat Pemulihan Ekosistem di Resort Tarupa Kecil Bersama Komunitas Pemuda

Jumat, 03 Mei 2024 BTN Taka Bonerate

Kepulauan Selaya, 3 Mei 2024. Banyak hal yang bisa merusak kehidupan terumbu karang, salah satunya diakibatkan oleh ulah manusia yaitu menangkap ikan dengan menggunakan bom atau bius. Diperlukan Pemulihan Ekosistem yang dilakukan bersama - sama dengan masyarakat dan komunitas kepemudaan setempat. Sebagai contoh di Taman Nasional Taka Bonerate, tepatnya di Resort Tarupa Kecil, Seksi Pengelolaaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Tarupa, Kamis (2/5).

Personil Resort bersama dengan komunitas pemuda desa Tarupa KPPL (Kelompok Pemuda Peduli Lingkungan) melakukan Pemulihan Ekosistem dengan cara Transplantasi Karang dengan menggunakan metode Spider Mars. Kegiatan ini melibatkan kelompok KPPL Tarupa baik untuk pengikatan bibit anakan karang maupun penginstalan rangka (penyusunan dan pematokan rangka pada lokasi transplantasi) yang dikerjakan dari tanggal 27 April sd 01 Mei 2024. 


"Mulai dari pembuatan hingga instalasi rangkanya dikerjakan bersama dengan KPPL," Ujar Andi Rezeki Mutmainnah selaku ketua kegiatan pemulihan Ekosistem Resor Tarupa Kecil.

Tahun ini rangka yang dibuat untuk Zona Rehabilitasi di Pulau Tarupa berjumlah 400 buah dengan sebaran 20 titik sepanjang tubir mengikuti kontur dasar perairan denga lokasi disebelah utara Pulau Tarupa besar.

"Karena lokasi terpisah - pisah teman-teman di resor akan melakukan monitoring rutin setiap bulan, walau hanya snorkling," ujar Raduan Kepala SPTN Kepala Wilayah 1 Tarupa yang sekaligus sebagai Plh (Pelaksana Harian) Kepala Balai TN Taka Bonerate.

Menjadi harapan dengan pelibatan masyarakat bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian menjaga lingkungan sekitarnya dan tentu saja meningkatkan kemandirian, pemberdayaan masyarakat, dan kemitraan dalam penguatan fungsi dalam pengelolaan TN Taka Bonerate.

Sumber Teks & Foto : Alex Dwi Ariyanto - Polhut Ahli Pertama Resor Tarupa Kecil, dan Andi Rezeki Mutmainnah - PEH Ahli Pertama SPTN Wilayah 1 Tarupa Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Editor : Asri - Humas Balai TN Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini