Sosialisasi Pengelolaan TN Ujung Kulon Melalui Tarawih Keliling (TARLING)

Senin, 01 April 2024 BTN Ujung Kulon

Labuan, 1 April 2024. Bulan Ramadhan penuh berkah menjadi momentum yang baik untuk mempererat tali silaturahmi, pada tanggal 21 - 23 Maret 2024, Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) bekerjasama dengan Aliansi Lestari Rimba  Terpadu (ALeRT) mengadakan Tarawih Keliling (Tarling) di wilayah Kecamatan Ciamanggu. Dalam agenda tersebut, Balai TNUK berkesempatan melakukan sosialiasi untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat Daerah Penyangga terhadap peraturan dan kebijakan pengelolaan yang berlaku, serta menggalang dukungan masyarakat dalam upaya konservasi di TN Ujung Kulon.

Masjid Jami Al Muttaqin, Kp. Cisantri, Desa Padasuka, Masjid Kp. Ciakar, Desa Rancapinang dan Masjid Al Ikhlas, Kp. Pasir Angin, Desa Kramatjaya adalah Masjid-masjid yang dikunjungi dalam kegiatan Tarling kali ini. 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wil.III Sumur, I Made Artawan,S.Hut,M.Si menyampaikan materi tentang Organisasi, Dasar Hukum, Tujuan dan Arah Pengelolaan dan Pelestarian Badak Jawa, yaitu  sebagai identitas / aset bangsa yang menjadi perhatian internasional dan upaya mewujudkan JRSCA. Selain itu, juga disampaikan himbauan tentang tindak pidana kehutanan terutama larangan perburuan yang berlandaskan pada Fatwa MUI No 4 tahun 2014 tentang Pelestarian Satwa Langka untuk menjaga ekosistem serta pengamanan Pal Batas kawasan TNUK. 


Masyarakat memberikan respon positif dan terlibat aktif didalam sesi diskusi. Diakhir kegiatan, Balai TN Ujung Kulon menyampaikan infaq berupa uang sebesar Rp. 750.000,- untuk menunjang pengelolaan pada masing-masing Masjid yang di kunjungi. 

Sosialisasi terhadap masyarakat sekitar kawasan merupakan bagian penting dalam pengelolaan TNUK, sehingga akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pelestarian Badak Jawa di dalam kawasan TN Ujung Kulon. 

Mari Kita Jaga Bersama Kawasan Konservasi TNUK

Sumber: Balai Taman Nasional Ujung Kulon

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini