Peningkatan Kapasitas Ranger Woman Taman Nasional Moyo Satonda

Senin, 25 Maret 2024 BKSDA NTB

Sumbawa, 25 Maret 2024. Beberapa bulan terakhir, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Barat (BKSDA NTB) telah bekerja dengan kelompok perempuan untuk membantu mendukung perlindungan spesies kunci Taman Nasional Moyo Satonda. Salah satu kelompok perempuan binaan BKSDA NTB adalah Rangers Woman, mereka adalah tim ranger wanita pertama yang pernah dibentuk.    

Untuk meningkatkan peran besar mereka dalam melestarikan lingkungan alam dan warisan budaya tempatan, melalui proyek CONSERVE, telah dilaksanakan pelembagaan dan pelatihan peningkatan kapasitas Rangers Woman yang berlangsung dari 23 s/d 24 Maret 2024 bertempat di Kantor Desa Labuhan Aji, Pulau Moyo Kab. Sumbawa. Sebanyak 20 (dua puluh) ranger wanita yang berasal dari desa-desa penyangga Taman Nasional Moyo Satonda ini dilatih mengenai teknik birding dan wildlife watching, patroli pengamanan hutan dan pengembangan wisata alam berbasis potensi lokal dengan narasumber/pemateri dari BKSDA NTB, POLRES Sumbawa, BKPH Batulanteh dan WCS-IP.


Tak heran jika perempuan penjaga hutan ini merasakan rasa bangga yang begitu kuat dalam meneruskan pekerjaan mereka. Ini juga berarti bahwa pelestarian keanekaragaman hayati bukan hanya tugas laki-laki semata. Kaum perempuan juga bisa turut berpartisipasi. Harapan besar diakhir adalah keberlangsungan ekologis dan ekonomi berkelanjutan yang memberikan dampak langsung dan positif kepada para masyarakat desa penyangga.

Sumber: Balai KSDA Nusa Tenggara Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini