Hari Hutan Internasional, Aksi Kecil Namun Nyata

Jumat, 22 Maret 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Medan, 22 Maret 2024. Hutan memiliki manfaat yang nyata bagi kehidupan dan penghidupan, baik manfaat ekologi, sosial budaya maupun ekonomi secara seimbang dan dinamis. Dalam kedudukannya sebagai salah satu penentu sistem penyangga kehidupan, hutan telah memberi manfaat bagi umat manusia. Hutan juga mempunyai peranan sebagai penyerasi dan penyeimbang lingkungan global, sehingga keterkaitannya dengan dunia internasional menjadi sangat penting.

Sejalan dengan itu, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dalam resolusinya 67/200 pada tanggal 21 Desember 2012 telah menetapkan Hari Hutan Internasional (International Day of Forests), dimana tujuannya adalah untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya hutan bagi kelangsungan hidup manusia sehingga harus dijaga kelestariannya. Karena pentingnya hutan bagi kehidupan itulah, maka Majelis Umum PBB menetapkan tanggal 21 Maret setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Hutan Internasional, sebagai bentuk rasa cinta dan peduli serta perlunya upaya nyata melestarikan hutan. Tahun ini tema yang diusung adalah “Hutan dan Inovasi : Solusi Baru Untuk Dunia Yang Lebih Baik”.

Peringatan Hari Hutan Internasional ini menjadi penting artinya mengingat hutan memberi kontribusi sumber daya yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari oksigen hingga makanan, penyimpan karbon yang besar dan juga merupakan rumah bagi beragam tumbuhan dan hewan. Selain itu hutan juga mempunyai peran penting dalam mitigasi perubahan iklim dan sangat mempengaruhi terhadap pola cuaca. Di beberapa belahan dunia pun masih ada masyarakat adat yang hidupnya  bergantung pada hutan.

Sayangnya hutan mengalami berbagai perlakuan yang kurang bijaksana. Maraknya kegiatan pemanfaatan kawasan hutan untuk berbagai tujuan kepentingan baik atas nama pembangunan maupun atas nama kepentingan masyarakat,  menyebabkan hilangnya sebagian fungsi kawasan, seperti : fungsi perlindungan, dalam menjaga kestabilan lingkungan alam ; fungsi produktif, dimana hutan menghasilkan banyak produk baik buah-buahan, jamur dan berbagai jenis tanaman lainnya termasuk tanaman obat-obatan, serta fungsi sosial, dalam menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan dan rekreasi/wisata.

Momen peringatan Hari Hutan Internasional ini kemudian menjadi pengingat dan  penyadaran bagi semua pihak guna melakukan refleksi, sekaligus membangun resolusi untuk mengambil langkah-langkah konkrit. Banyak hal yang sebenarnya dapat dilakukan untuk merayakan Hari Hutan Internasional, sebut saja : giat penanaman pohon, rehabilitasi dan restorasi kawasan hutan, menjadi sukarelawan ataupun mendukung organisasi/lembaga yang melindungi hutan, dan memberi edukasi serta sosialisasi kepada masyarakat, khususnya generasi muda tentang arti penting hutan dan perlunya upaya pelestarian. 


Edukasi pengenalan hutan bagi generasi muda

Semua langkah dan upaya sekecil apapun itu, bila dilakukan secara massal tentunya akan memberi dampak yang luar biasa. Oleh karena itu, sekali lagi, momen peringatan Hari Hutan Internasional tahun ini menjadi penggalang semua kekuatan dan potensi untuk berpartisipasi dan berkontribusi secara kolaborasi melakukan aksi nyata menyelamatkan, melindungi dan melestarikan hutan demi kehidupan dan masa depan bumi yang lebih baik. Selamat Hari Hutan Internasional…

Sumber : Evansus Renandi Manalu (Analis Tata Usaha) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara




Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini