Bakti Rimbawan, Untuk Tanah Air, Untuk Bangsa

Selasa, 19 Maret 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Medan, 18 Maret 2024. Peringatan Hari Bakti Rimbawan kembali digelar, tahun ini peringatan ke 41. Momentum ini sebagai sejarah memperingati pertama kali berdiri/terbentuknya Departemen Kehutanan pada tanggal 16 Maret 1983 silam. Bagi rimbawan hari bakti  ini dijadikan sebagai tonggak konsolidasi para rimbawan di seluruh Indonesia untuk kembali menguatkan komitmen dan kesadaran dalam berkarya dan membangun hutan dan kehutanan Indonesia.

Peringatan Hari Bakti Rimbawan serentak dilakukan di jajaran UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di seluruh Indonesia bersama-sama dengan jajaran pemerintahan daerah. Khusus untuk Provinsi Sumatera Utara dilaksanakan di halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, di jalan Sisingamangaraja Km. 5,5 No. 14 Medan, pada Senin 18 Maret 2024 dengan menggelar upacara yang diikuti seluruh pegawai UPT lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara serta jajaran lingkup Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara.

Peringatan Hari Bakti Rimbawan tahun ini menjadi spesial karena dirayakan bertepatan dengan bulan suci Ramadhan tahun 1445 Hijriyah. Bertindak sebagai pembina upacara Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, Ir. Yuliani Siregar, M.AP. yang membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc. 

Dalam arahannya Siti Nurbaya menyampaikan bahwa tahun ini peringatan Hari Bakti Rimbawan mengusung tema “Bakti Rimbawan, Untuk Tanah Air, Untuk Bangsa”, yang mengandung makna reflektif dan evaluatif atas apa yang telah dilakukan bersama sebagai rimbawan. Tema ini juga meneguhkan arah dan cara pandang seluruh rimbawan, dan menggali atau recall memori yang senantiasa ada dalam benak tentang peranan rimbawan dalam menjaga hutan sebagai elemen dan struktur pembentuk bentang alam dan lingkungan serta semua faktor yang saling mempengaruhi di alam.


Sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dibacakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, Ir. Yuliani Siregar, M.AP.

“Pada kesempatan Hari Bakti Rimbawan ini, saya mengajak seluruh rimbawan jajaran kementerian, jajaran pemerintah daerah, dunia usaha dan aktivis sosial kemasyarakatan, para pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat, untuk  dapat bersama bahu membahu memberikan kontribusi pemikiran ataupun kegiatan nyata di lapangan, serta terus konsisten membangun bagi kemajuan pembangunan bidang lingkungan hidup dan kehutanan,’ ujar Siti Nurbaya.

Upacara berjalan dengan lancar. Meskipun dalam suasana bulan suci Ramadhan, namun dilakukan secara khidmat dan penuh semangat. Rangkaian peringatan Hari Bakti Rimbawan belum berakhir dan masih akan dilanjutkan besok Selasa, 19 Maret 2024, dengan agenda bakti sosial (berbagi makanan berbuka), pembagian tali asih dan tausiah Ramadhan, berbuka puasa serta makan malam bersama. Selamat Hari Bakti Rimbawan, jayalah Rimbawan … tingkatkan terus dedikasi dan energi positif untuk menghasilkan karya-karya inovatif demi kelestarian alam dan lingkungan hidup.

Sumber : Evansus Renandi Manalu (Analisa Tata Usaha) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini