Dirjen KSDAE Ikuti Penanaman Pohon Serentak Keempat Sebagai Rangkaian Hari Bakti Rimbawan Ke - 41

Jumat, 08 Maret 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Dirjen KSDAE menanam pohon Pulai didampingi Pj. Gubernur Sumatera Utara, Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara
serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan kehutanan Provinsi Sumatera Utara 

Kuala Namo, 8 Maret 2024. Kegiatan Penanaman Pohon Serentak Seluruh Indonesia  kembali digelar pada Kamis, 7 Maret 2024, dan ini adalah yang keempat kalinya. Khusus di Provinsi Sumatera Utara kegiatan penanaman dilaksanakan di areal Sumut Sport Center di jalan Bandara Kuala Namo, Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan ini sekaligus sebagai  rangkaian dari Peringatan Hari Bakti Rimbawan Ke-41 Tahun 2024.

Kegiatan penanaman dihadiri Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Prof. Dr. Satyawan Pudyatmoko, S.Hut., M.Sc., Pj. Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin, Bupati Deli Serdang, HM. Ali Yusuf Siregar,  unsur Forkopimda Provinsi Sumatera Utara, OPD Provinsi Sumatera Utara, Pimpinan UPT lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan baik Pusat maupun Provinsi Sumatera Utara, UPTD Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sumatera Utara, serta tamu undangan lainnya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. dalam sambutannya yang dibacakan Dirjen KSDAE, menyampaikan bahwa penanaman serentak ini sebagai bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup dan percepatan rehabilitasi hutan dan lahan, serta upaya untuk memperbaiki kualitas lingkungan dengan memperbanyak tegakan pohon/tanaman, juga meningkatkan wawasan dan pemahaman masyarakat umum atas pelaksanaan program pembangunan lingkungan hidup dan Kehutanan khususnya kegiatan penanaman pohon.

Untuk mengurangi dampak perubahan iklim yang telah nyata  kita rasakan, keberadaan pohon dan tutupan lahan yang baik akan meningkatkan daya dukung alam dalam mitigasi perubahan iklim, ketahanan pangan, energi dan kesejahteraan seluruh makhluk hidup, ujar Menteri diakhir sambutannya.

Sedangkan Pj. Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin, menyampaikan bahwa pemilihan  Sumut Sport Center sebagai lokasi kegiatan penanaman serentak, tujuannya agar keindahan dan kesejukan di areal tersebut terjaga. Hassanudin juga mengingatkan kegiatan penanaman pohon tidak hanya sebatas seremoni. Pohon yang ditanam harus tetap dijaga hingga tumbuh besar, sehingga tujuan untuk menjaga lingkungan hidup dan ekosistem bisa tercapai.

Sekedar mengingatkan kembali bahwa kegiatan Penanaman Pohon Serentak Seluruh Indonesia di Provinsi Sumatera Utara, sebelumnya telah 3 (tiga) kali dilaksanakan, masing-masing tanggal 30 Desember 2023 giat penanaman pertama di Retreat Center Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) di Desa Sibolangit, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang dan di lokasi KTH Lestari, kemudian pada tanggal 13 Januari 2024 kegiatan penanaman kedua di lokasi UPSA KTH Sipolha Horison di Kelurahan Sipolha Horison, Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, dan kegiatan penanaman ketiga pada tanggal 7 Februari 2024 di Desa Silo Baru, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan. 

Adapun bibit yang ditanam di lokasi penanaman serentak seluas 0,5 hektar adalah jenis Pulai (Alstonia scholaris) sebanyak 8 batang dan Ketapang Kencana (Terminalia mantaly) sebanyak 52 batang. Semoga dengan kegiatan penanaman serentak ini menjadi edukasi dan penyadaran kepada masyarakat untuk terus giat melakukan penanaman pohon agar kualiatas lingkungan hidup semakin baik.

Sumber : HM. Parlindungan Sinaga, S.Kom. (Pranata Komputer Ahli Pertama) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini