Tamu Jauh Sambangi TWA Sibolangit

Selasa, 05 Maret 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Siswi belajar potensi kawasan TWA Sibolangit

Sibolangit, 5 Maret 2024. Senin, 4 Maret 2024, hari yang spesial karena kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit dikunjungi tamu jauh, yaitu rombongan 75 orang pelajar dari SMA Negeri 1 Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh. Maksud dari kunjungan ini adalah dalam rangka pembelajaran Kurikulum Merdeka Tahun 2023/2024, dimana melalui kegiatan ini sisiwa diharapkan berperan aktif dalam proses belajar berdiferensiasi.

Kesempatan baik ini digunakan Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit, Suparman, SP. untuk membekali informasi dan pengetahuan generasi muda tentang sejarah kawasan, potensi kawasan serta arti penting kawasan bagi masyarakat sekitar maupun juga masyarakat di kota Medan, karena kawasan ini  merupakan  catchment area atau daerah cakupan/tangkapan air yang menyimpan dan mendistribusikan air bersih termasuk bagi kebutuhan masyarakat yang ada di Kota Medan. 

Selesai pemaparan, seluruh peserta diajak berkeliling menelusuri/menapaki kawasan TWA Sibolangit. Peserta selain menikmati keindahan dan udara segar, juga diperkenalkan berbagai potensi yang tumbuh dan hidup di kawasan. Peserta kagum, karena kawasan TWA Sibolangit juga menyimpan tanaman-tanaman obat, yang oleh masyarakat sekitar diolah dan dimanfaatakan  menjadi ramuan obat-obat tradisional. Diskusi interaktif juga terjadi ketika peserta ingin mengetahui lebih dalam tentang potensi-potensi yang ada, dan oleh petugas Resort CA./TWA. Sibolangit diberikan penjelasan.


Dari kunjungan ini diharapakan siswa-i lebih dekat dan lebih jauh mengenal (menyatu) alam. Ada banyak hal yang bisa dipelajari di alam, dengan kata lain alam ini menyimpan segudang informasi dan pengetahuan yang perlu dipelajari dan dikembangkan. Kehadiran pelajar SMA Negeri 1 Peureulak, Kabupaten Aceh Timur  akan membuka wawasan dan kesadaran akan pentingnya menjaga dan melestarikan kawasan konservasi agar terus memberi manfaat bagi kehidupan.

Sumber : Suparman, SP. (Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini