Tingkatkan Kapasitas Pegawai Dengan Lokalatih Jurnalistik Fotografi

Jumat, 01 Maret 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Pancur Gading, 1 Maret 2024. Isu-isu tentang konservasi alam dan lingkungan hidup setiap tahunnya terus meningkat. Berbagai media memberitakan tentang hal itu, namun sayangnya berita-berita yang disajikan cenderung tidak berimbang baik dari segi materi (kualitas) berita maupun kuantitas (banyaknya) berita. Hal ini disebabkan sumber informasi yang disajikan media cenderung sepihak hanya dari satu sumber berita, tanpa ada counter sebagai pembanding/penyeimbang berita.

Dibagian lain beragam keunikan potensi yang ada di kawasan konservasi serta keanekaragaman hayati yang begitu beragamnya di bumi Provinsi Sumatera Utara, belum dieksplorasi dan belum juga terpublikasikan/ tersosialisasikan dengan baik sebagai media promosi maupun edukasi dan awarness (penyadaran) kepada masyarakat luas. 

Menyadari hal itu, Balai Besar KSDA Sumatera Utara berinisiasi menyelenggarakan kegiatan Lokalatih Jurnalistik Fotografi dalam rangka peningkatan kapasitas dan kemampuan petugas-petugas yang memiliki keinginan dan minat yang tinggi dalam mendokumentasikan segala informasi serta data yang didapatkan di lapangan, dan mengolah maupun meramunya dengan narasi yang menarik sehingga bukan hanya sekedar memenuhi target kewajiban pembuatan  laporan kegiatan rutinitas, tetapi juga menjadi sumber berita dan informasi yang penting serta berharga untuk pengambilan kebijakan bagi pengembangan organisasi Balai Besar KSDA Sumatera Utara, ataupun juga bermanfaat dan memberi dampak positif dalam mengedukasi dan memberi pencerahan bagi berbagai pihak yang membutuhkan informasi tersebut.

Lokalatih yang berlangsung selama 2 (dua) hari, dari tanggal 28 s.d 29 Februari 2024 di Pancur Gading Hotel & Resort, Jl. Kuala Simeme, Pamah Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang, diikuti 25 orang peserta dengan rincian, 23 orang merupakan pegawai lingkup Balai Besar KSDA Sumatera Utara, 2 orang dari mitra binaan Green Leadership Indonesia (GLI) dan 1 orang dari Kader Konservasi Alam. Selain off line, ada juga peserta lain yang mengikuti secara on line.

Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Rudianto Saragih Napitu, S.Si., M.Si., dalam sambutannya pada pembukaan acara lokalatih, menyampaikan bahwa peningkatan kapasitas SDM lingkup Balai Besar KSDA Sumatera Utara, khususnya dalam pembuatan karya tulis,  menjadi urgen untuk diprioritaskan. Hanya dengan pembekalan ilmu serta keterampilan akan bisa menjawab tantangan yang ada, disamping juga adanya tekat dan kemauan yang kuat dari dalam diri sendiri untuk belajar dan berkembang menyempurnakan kemampuannya.

“Target yang diharapkan dari peserta Lokalatih Jurnalistik Fotografi usai kegiatan ini, peserta mulai berkarya menghasilkan karya-karya tulis dan fotografi yang nantinya akan didistribusikan untuk menghidupkan/ menggiatkan media publikasi yang dimiliki Balai Besar KSDA Sumatera Utara, baik instagram, facebook, tiktok maupun website. Menjadi target berikutnya pula, karya-karya tulis tersebut dapat dipublikasikan ke media cetak, koran, majalah ataupun jurnal, sehingga jangkauannya menjadi lebih luas dan  segmen pembacanya juga semakin banyak,” ujar Rudianto. 


Praktek hunting foto dilakoni peserta

Lebih lanjut Rudianto menekankan, untuk bisa mencapai target tersebut tentunya diperlukan kemauan, ketekunan dan semangat yang tinggi serta latihan/belajar yang terus menerus dan  tidak pernah berhenti. Saya optimis melihat peserta yang berasal dari pegawai-pegawai generasi muda yang energik yang memberi harapan akan masa depan Balai Besar KSDA Sumatera Utara lebih baik lagi. Pesan saya mari gunakan kesempatan yang baik  ini untuk mengembangakan wawasan, kemampuan dan ketrampilan guna meningkatkan kapasitas, kinerja dan prestasi.

Sedangkan kepada peserta yang berasal dari mitra binaan, yaitu Green Leadership Indonesia (GLI) dan Kader Konservasi Alam, Rudianto menyampaikan pesan agar menjadikan  kegiatan ini sebagai momentum untuk belajar dan berlatih, sehingga  setelah lokalatih dapat menerapkan ilmunya menghasilkan karya-karya yang bermanfaat dan membanggakan. 

Lokalatih menampilkan narasumber-narasumber yang profesional dari berbagai media, seperti : War Djamil, SH. Pemimpin Redaksi Harian Analisa, dengan topik bahasan “Rambu-rambu Dalam Penulisan dan Fotografi Sesuai Kode Etik Jurnalistik (KEJ)”, H. Sofyan Harahap, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Waspada, dengan topik bahasan “Meramu Artikel Opini Menjadi Layak Dipublikasikan”, Bersihar Lubis, Kepala Litbang dan Diklat Harian Analisa, dengan topik bahasan “Meracik Feature Enak Dibaca”, Qodrat Alqadri, Fotografer Harian Analisa dengan topik bahasan “Tehnik Fotografi”, Frengki Gultom, SH., MH. Kontributor TVRI Medan, dengan topik bahasan “Membangun Energi Positif Menghasilkan Karya Tulis” dan Nuke Mutikania, ST., M.Si. Kepala Bagian Penyajian dan Pelayanan Informasi Publik Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dengan topik bahasan “Kebijakan Kehumasan KLHK Tahun 2024”.


Lokalatih menjadi modal untuk terus belajar dan berani mencoba berkreasi  menghasilkan karya-karya jurnalistik dan fortografi yang kreatif dan bermanfaat. Selamat mengaplikasikan ilmu bagi seluruh peserta dan ditunggu karya-karyanya. 

Sumber : Evansus Renandi Manalu (Analis Tata Usaha) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini