TN Gunung Merapi Menjadi Salah Satu Tempat Merdeka Belajar

Kamis, 29 Februari 2024 info

Sleman, 26 Februari 2024. Pendidikan harus memerdekakan peserta didik, maka perlu diberikan kemerdekaan kepada mahasiswa dalam menempuh studi di Perguruan Tinggi. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) diharapkan dapat menjadi jawaban atas tuntutan kemerdekaan tersebut.   Oleh karena itu, Program Studi Biologi Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FTB UAJY) memberikan peluang kepada mahasiswanya untuk merdeka dalam belajar.

Pelbagai bentuk kegiatan MBKM di luar Perguruan Tinggi dilakukan, antara lain melakukan magang di instansi/industri.  Sehingga kegiatan inilah yang dilaksanakan oleh FTB UAJY, dengan melaksanakan magang di Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), pada semester genap 2023 – 2024, yang dilaksanakan selama 6 (enam) bulan.   Peserta magang MBKM FTB UAJY sebanyak 5 orang, yang akan ditempatkan di semua RPTN di wilayah  TNGM, dengan menitikberatkan pada kegiatan 3 P, pemanfaatan, pengawetan dan perlindungan.  

Pada hari Senin, 26 Februari 2024, dilaksanakan serah terima mahasiswa magang MBKM FTB UAJY di kantor BTNGM di Yogyakarta.  Dalam kesempatan ini hadir Kepala Program Studi Biologi, FTB UAJY, Indah M. Yulianti, sekaligus menyerahkan 5 orang mahasiswa tersebut.  Dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapannya agar mahasiswa dapat belajar secara optimal di BTNGM.  Jangan sungkan untuk tegur mahasiswa jika menyalahi aturan yang berlaku, pungkasnya. 

Juga hadir dalam kesempatan ini, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, kedua Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I dan II, Koordinator dari 7 Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN), serta perwakilan fungsional PEH, Polhut, dan Penyuluh Kehutanan.  Juga dipaparkan beberapa materi, diantaranya Regulasi, Organisasi dan Tata Laksana, Zonasi, serta Profil 7 Resort PTN. 

Dalam kesempatan terpisah, Muhammad Wahyudi, Kepala BTNGM, menyampaikan selamat datang kepada para mahasiswa magang MBKM dari FTB UAJY, selamat belajar, semoga betah dan berkah untuk semua pihak. Banyak hal yang dapat dipelajari di TNGM, karena inilah laboratorium alam yang kita miliki., pungkasnya. ***

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Merapi


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini