Wakil Bupati Kapuas Hulu Lantik Jajaran Saka Wana Bakti Cabang Kapuas Hulu

Senin, 26 Februari 2024 BBTN BBTN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Kapuas Hulu, 22 Februari 2024. Bertempat di Aula Kantor Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum), Wakil Bupati Kapuas Hulu selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas Hulu melantik kepengurusan Saka Wanabakti Cabang Kapuas Hulu masa bakti 2023 – 2027 yang terdiri dari 13 (tiga belas) orang Majelis Pembimbing (Mabi) dan 34 (tiga puluh empat) orang Pimpinan Saka Wanabakti (Pim Saka). Kegiatan dihadiri oleh unsur pimpinan Kwarcab Kapuas Hulu, Kepala Sekolah, dan seluruh anggota Saka Wanabakti yang dilantik.

Majelis Pembimbing di pimpin oleh Kepala Balai Besar Tana Bentarum yang beranggotakan Kepala KPH Kapuas Hulu Timur, Kepala KPH Kapuas Hulu Utara, Kepala KPH Kapuas Hulu Selatan, Kepala Bidang PTN Wilayah I Mataso, Kepala Bidang PTN Wilayah II Kedamin, Kepala Bidang PTN Wilayah III Sintang, Cuncun Hidayat, S.Hut, Hendra Siswanto, S,Hut dan RA Sumarni, S.Hut., M.M.Pd. Sedangkan Pimpinan Saka (Pin Saka) Wanabakti dipimpin oleh Kepala Bidang Teknis Konservasi yang terdiri dari beberapa krida dan instruktur.

Dalam kata sambutannya Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, S.T. menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka Saka Wanabakti merupakan unsur penting dalam pembangunan generasi muda khususnya di Kapuas Hulu “semoga saka wanabakti dapat menjadi pelopor dalam pergerakan generasi muda Kapuas Hulu mengenai perbaikan lingkungan hidup, kehutanan dan ikut serta dalam permasalahan lingkungan hidup yang ada di Bumi Uncak Kapuas”.

Kepala Bidang Teknis Konservasi Taman Nasional, Gunawan Budi Hartono, S.Hut., M.Si selaku ketua Pim Saka berharap Saka Wanabakti menjadi salah satu pelopor penggerak dibidang konservasi sehingga dapat menjadi inovator bagi pelestarian lingkungan melalui kegiatan kepramukaan. Anggota Saka Wanabakti juga menjadi bagian dari Kader Konservasi yang memberikan kontribusi langsung dalam pembangunan Kehutanan.

Dalam kesempatan ini dilaksanakan penyematan brevet Green Ambassador dan Penyerahan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor. SK. 1221/ MenLHK/Setjen/ Kum.1/11/2023 tentang Penetapan Green Ambassador tanggal 16 November 2023 kepada 18 (delapan belas) orang Siswa/i dari 9 (Sembilan) sekolah menengah atas/ sederajat di Kapuas Hulu yang telah mengikuti rangkaian kegiatan Green Youth Movement Tahun 2023.

Sumber: Harri - Penyuluh Kehutanan Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini