Tingkatkan Peran Generasi Muda Kapuas Hulu, Tana Bentarum Latih Kader Konservasi

Senin, 26 Februari 2024 BBTN BBTN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Kapuas Hulu, 22 Februari 2024. Sebanyak 32 (tiga puluh dua) orang siswa/ siswi dari 9 Sekolah Menengah Atas/ sederajat  di Kapuas Hulu  mengikuti kegiatan Pembinaan Kader Konservasi yang diselenggarakan oleh Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum).

Kegiatan ini untuk meningkatkan peran generasi muda dalam pengelolaan hutan dan lingkungan hidup salah satunya pengurangan penggunaan plastik pada kehidupan sehari – hari. Dengan materi yang disampaikan terkait tentang Kawasan Konservasi, Pengelolaan Hasil Hutan Bukan Kayu Berupa Madu Kelulut Sebagai Alternatif Pendapatan Masyarakat Disekitar Hutan, Pengelolaan Sampah Sederhana dan praktek Panen Madu Kelulut. Madu Kelulut yang berada di halaman Kantor Seksi PTN Wilayah III Padua Mendalam merupakan salah satu demplot Madu Kelulut yang sudah berproduksi bertahun – tahun dan sudah dijual baik on line maupun off line. Para peserta belajar tentang budidaya Madu Kelulut dan praktek panen madu sehingga diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang budidaya hasil hutan bukan kayu (HHBK) sebagai alternatif pendapatan bagi masyarakat yang hidup di dalam maupun di sekitar kawasan hutan sehingga dapat mengurangi tekanan negatif terhadap kawasan hutan khususnya kawasan hutan konservasi.


Nadia Agustin salah satu peserta yang berasal dari SMA Karya Budi menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat berguna bagi kami sebagai generasi muda Kapuas Hulu bisa terlibat dalam pengelolaan hutan yang bukan hanya kayu saja yang bisa dimanfaatkan, selain itu peran kita dalam mengkampanyekan kepada teman – teman disekolah untuk mengurangi penggunaan sampah plastik contohnya menggunakan tumbler setiap hari perlu ditingkatkan.

“Saya berharap generasi muda ini bisa berpartisipasi dalam pelestarian kawasan konservasi dan pengelolaan sampah di rumah masing – masing dan sekolahnya, menerapkan gaya hidup tanpa plastik dan kebersihan lingkungan disekitarnya” ujar Indra Kumara, salah satu narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kapuas Hulu. 

Kepala Bidang Teknis Konservasi Taman Nasional, Gunawan Budi Hartono, S.Hut., M.Si selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan bahwa Kader Konservasi harus bisa menjadi teladan dalam lingkungan  dan kehutanan sehingga kader konservasi dapat berkontribusi dan berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang asri.

Sumber: Harri - Penyuluh Kehutanan Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini