Belajar Perlakuan Buah Sarangan

Rabu, 21 Februari 2024 BTN Gunung Merapi

Sleman, 21 Februari 2024. Seperti kita ketahui bersama, bahwa Sarangan atau Saninten yang nama ilmiahnya Castanopsis argentea adalah jenis pohon yang dilindungi di kawasan  Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).  Berdasarkan Peraturan Menteri LHK Nomor 106 Tahun 2018, sedangkan dalam IUCN Redlist, sarangan ini dikategorikan sebagai Endangered Species. 

Keberadaan sarangan di kawasan TNGM menjadi perhatian serius karena sulit dijumpai permudaannya.  

Mempertimbangkan hal-hal di atas, Balai TNGM melakukan strategi konservasi yang salah satunya perbanyakan secara generatif dan vegetatif, termasuk dengan teknologi kultur jaringan. 

Untuk memperoleh materi perbanyakan yang baik, pada bulan Oktober - November 2023, personil Balai TNGM melakukan pembungkusan (brongsong) buah muda dan pencangkokan.  Saat ini, buah sarangan yang dibrongsong telah mencapai fase siap panen. Dan pemanenan dilakukan di beberapa lokasi, pada tanggal 19 – 20 Februari 2024.  

Selanjutnya buah sarangan tersebut akan disemaikan dan juga digunakan sebagai materi kultur jaringan.  


Untuk menunjang tujuan tersebut, pada hari Rabu, 21 Februari 2024, dilaksanakan bimbingan teknis Perlakuan Buah Sarangan dalam Perbanyakan melalui Penyemaian Biji (Persemaian Sederhana) oleh Ketua Forum Peduli Lingkungan Pecinta Alam Lereng Merapi (FPL PALEM), Warjana.  Dalam kesempatan ini, Warjana, menyampaikan teori maupun praktek persemaian sederhana, yang dihadiri oleh staf Balai TNGM, juga anggota FPL PALEM.  Bertempat di Dusun Batur, pelaksanaan bimbingan teknis ini berlangsung dengan lancar.  

Selain itu, pada kesempatan ini juga berlangsung sharing session, tukar pengalaman dari masing-masing wilayah, ketika pemanenan, sekaligus menjadi evaluasi pelaksanaan kegiatan.  Tentunya, dengan harapan agar kegiatan serupa di kemudian hari dapat berlangsung lebih baik, dan tujuan konservasi sarangan dapat terlaksana dengan baik. 

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Balai TNGM, Muhammad Wahyudi, menyampaikan harapan, agar keberadaan sarangan di wilayah TNGM ke depannya semakin melimpah, sejalan dengan beberapa upaya yang dilaksanakan Balai TNGM bersama mitra. 

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini