Tim Balai TNUK Pelatihan Trajektori dan Translokasi Badak Jawa di SRS TNWK

Kamis, 15 Februari 2024 BTN Ujung Kulon

Labuan, 15 Februari 2024. Tim Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) melakukan pelatihan Trajektori dan translokasi Badak Jawa di Sumatran Rhino Sanctuary (SRS), Taman Nasional Way Kambas (TNWK) pada Tanggal 7 s.d 12 Februari 2024. Kegiatan ini dilakukan untuk melaksanakan program peningkatan kapasitas SDM Pegawai Balai TNUK dan Mitra dalam upaya peningkatan populasi Badak Jawa.

Pelatihan ini juga untuk membentuk tim trajektori dan translokasi Badak Jawa yang dapat mendukung program pemindahan Badak Jawa kedalam JRSCA, dan  mempertahankan serta meningkatkan populasi Badak Jawa sob. Pelatihan yang dilaksanakan di sekitar SRS TNWK ini diikuti oleh beberapa pegawai dari Balai TNUK, Mitra YABI, dan Mitra ALeRT.

Kepala Balai TNUK, Ardi Andono, S.TP., M.Sc membuka kegiatan sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Beliau menyampaikan “Dengan Kegiatan pelatihan ini kita harapkan bisa mewujudkan peningkatan populasi badak Jawa di TNUK dengan didahului langkah trajektori badak Jawa dari semenanjung TNUK ke JRSCA”.

Seperti yang kita ketahui bersama,  Balai TNWK telah berhasil melakukan peningkatan populasi Badak Sumatera semi insitu di SRS TNWK. Keberhasilan SRS di TNWK ini akan diaplikasikan oleh TNUK untuk memindahkan Badak Jawa yang ada di Semenanjung ke Kawasan JRSCA TNUK.

Semoga keberhasilan TNWK dalam meningkatkan populasi Badak Sumatera dapat ditiru TNUK dalam upaya melestarikan Badak Jawa.

Sumber: Balai Taman Nasional Ujung Kulon

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini