Conservation Trip GLI Sumatera Utara di TWA Sibolangit

Selasa, 06 Februari 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Sibolangit, 5 Februari 2024. Green Leadership Indonesia (GLI) Regional Sumatera Utara Batch 3 melaksanakan Green Fest, dengan kegiatan utama Conservation Trip di kawasan konservasi Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit, pada Sabtu 3 Februari 2024, yang melibatkan anggota Green Youth Movement (Green Ambasador) Simpul Belajar Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran anak muda khususnya siswa sekolah, tentang isu-isu lingkungan, konservasi, perubahan iklim, dan pentingnya keberlanjutan serta mendorong perubahan positif dan aksi nyata anak muda menuju praktek-praktek yang lebih ramah lingkungan.

Peserta yang berjumlah 20 orang (9 orang dari GYM dan 11 orang dari GLI) mendapatkan pembekalan informasi dan pengetahuan tentang kawasan TWA Sibolangit dari Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit serta tentang konservasi alam dari narasumber GLI. Untuk memperdalam wawasan pengetahuan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan diselingi dengan beberapa permainan (games) sehingga membuat acara semarak.

Tidak cukup hanya pembekalan materi dan diskusi, seluruh peserta Conservation Trip juga melakukan perjalanan menjelajahi kawasan TWA Sibolangit. Peserta dikenalkan dengan potensi yang ada di kawasan baik flora dan fauna maupun panorama (keindahan) serta keunikannya. Usai menjelajah kawasan kembali dilanjutkan diskusi dan presentasi/review dari para peserta untuk mengetahui seberapa jauh pengenalan peserta tentang TWA Sibolangit.

Diakhir dari seluruh rangkaian  acara, dilakukan penyerahan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada peserta Green Youth Movement Simpul Belajar Balai Besar KSDA Sumatera Utara sebagai Duta Hijau (Green Ambasador). Selamat bagi Duta-duta Hijau, semoga dapat berperan aktif dalam berbagai giat konservasi alam di Sumatera Utara.

Sumber : Suparman, SP. (Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 3.7

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini