Implemantasi Fully Protected Area di Habitat Badak Jawa

Senin, 05 Februari 2024 BTN Ujung Kulon

Labuan, 5 Februari 2024. Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) memberikan arahan tentang pelaksanaan kegiatan Fully Protected Area (FPA) Semenanjung Ujung Kulon  di kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Pulau Handeuleum, Selasa (30/1). Seluruh habitat eksisting Badak Jawa di TN Ujung Kulon baik melalui jalur darat maupun perairan menjadi sasaran perlindungan dan pengamanan program FPA, dengan salah satu target FPA mengupayakan pencegahan terhadap kegiatan tanpa izin dalam habitat badak jawa. Hal ini dilakukan dalam rangka pemulihan kondisi habitat dan proses perkembangbiakan Badak Jawa.


Kepala Balai TNUK, Ardi Andono, S.TP., M.Sc juga menyampaikan bahwa tujuan pembangunan Javan Rhino Study and Conservation Area (JRSCA) untuk menaikkan tingkat kelahiran badak jawa, areal khusus studi ekologi dan konservasi badak jawa secara intensif. Dalam waktu dekat juga akan dilakukan upaya memasukan badak jawa ke areal JRSCA dari semenanjung ujung kulon. Langkah selanjutnya upaya habituasi, perkembangbiakan, habituasi anak yang lahir guna pelepasliaran dan tentunya pelepasliaran anak badak jawa yang telah dilakukan habituasi ke habitat aslinya. Untuk mendukung hal tersebut kesiapan petugas Balai TNUK, kelembagaan, dan sistem perlindungan harus diperkuat. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Seksi PTN Wilayah II Pulau Handeuleum, Ujang Acep, S. Hut turut menyampaikan agar pegawai yang bertugas selalu menjaga soliditas dan komitmen dalam upaya perlindungan dan pengamanan khususnya untuk Badak Jawa. Upaya merangkul dan mengajak masyarakat sekitar kawasan TNUK harus ditingkatkan guna mendorong terhentinya aktivitas dalam kawasan TNUK tanpa izin.

Sebagai penutup, Kepala Balai TNUK mengingatkan kembali akan komitmen pegawai dalam menjaga dan melestarikan Badak Jawa. Karena hanya dengan komitmen tersebut, maka upaya kelestarian badak jawa dapat dicapai.

Badak Jawa, hanya kita yang punya!

Sumber: Balai Taman Nasional Ujung Kulon

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini