Penguatan Informasi Publik Pengelolaan TN Taka Bonerate Dengan Diseminasi

Jumat, 02 Februari 2024 BTN Taka Bonerate

Balai TN Taka Bonerate Menyelenggarakan Diseminasi Kegiatan Tahun 2023

Benteng-Kepulauan Selayar, 2 Februari 2024. Balai Taman Nasional Taka Bonerate (TNBT) menggelar diseminasi dengan menghadirkan Forkopimda dan seluruh stakeholder terkait di ruang Bahuluang Hotel Rayhan Square, Kamis (2/2). Diseminasi ini sebagai bentuk upaya menyampaikan Informasi kepada publik, tentang program dan kegiatan pengelolaan yang telah dijalankan Balai TN Taka Bonerate selama Tahun 2023. 

Dengan diseminasi, penelitian atau informasi yang relevan dapat mencapai audiens yang lebih luas, memungkinkan peningkatan pemahaman, implementasi, dan pengembangan berbagai bidang pengetahuan. Selain itu Diseminasi juga bertujuan untuk mendukung inovasi, pembelajaran, dan progres dalam masyarakat serta memperkuat keterlibatan berbagai pemangku kepentingan dalam rangka mencapai dampak yang positif. "jelas Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate, Ahmad Yani.


Usai memberikan penjelasan singkat terkait pelaksanaan diseminasi, giat dilanjutkan dengan sambutan Wakil Bupati Kepulauan Selayar Saiful Arif, sekaligus membuka secara resmi giat tersebut.

Wakil Bupati H.Saiful Arif dalam sambutannya mengatakan bahwa TN Taka Bonerate adalah instansi vertikal KLHK yang ditempatkan di tingkat daerah. Dengan adanya laporan atau ekspose kegiatan ini, kita bisa lebih tahu ada masalah yang harus kita selesaikan bersama-sama. Lebih lanjut beliau mengharapkan agar Balai Taman Nasional dapat menjadi Bank Data dalam penyajian informasi untuk menentukan kebijakan Pemerintah, khususnya dalam pengelolaan kawasan TN Taka Bonerate.

"Silahkan manfaatkan sumberdaya alam yang ada tapi jangan merampas hak generasi mendatang, jangan membom dan membius" pungkas Saiful Arif sebelum mengakhiri sambutannya.

Kasubag Tata Usaha Balai TN Taka Bonerate Usman selaku moderator mempersilakan pemateri untuk memaparkan masing-masing materinya. Materi pertama oleh Ka. Balai Ahmad Yani, Ruang lingkup pengelolaan, selayang pandang, perencanaan dan dukungan manajemen balai TN Taka Bonerate. Materi kedua oleh Koordinator Polisi Hutan Fahmi Syamsuri, perlindungan dan pengamanan sistem penyangga kehidupan. Dilanjutkan materi ketiga oleh Koordinator Pengendali Ekosistem Hutan Saleh Rahman, pengawetan, pemanfaatan, penyuluhan dan pendampingan masyarakat. Dan materi terakhir oleh Asri, Humas Balai TN Taka Bonerate dengan judul Kerjasama dan Pengelolaan Berbasis Informasi dan Teknologi. 

Giat diakhiri dengan sesi tanya jawab, sharing dan kritikan, saran serta masukan untuk evaluasi pengelolaan Balai TN Taka Bonerate yang lebih baik kedepannya.

Sumber: Asri - Humas Balai TN Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini