Dukung Ekonomi Produktif, BKSDA Kalsel Beri Bantuan di Desa Penyangga CA Gunung Kentawan

Kamis, 30 November 2023 BKSDA Kalimantan Selatan

Kandangan, 22 November 2023 – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) memberikan  Bantuan Ekonomi Produktif Kelompok Pemberdayaan Masyarakat di Desa Hulu Banyu dan Desa Lumpangi Tahun 2023, Rabu (22/11). Penyerahan Bantuan tersebut dimaksudkan untuk mendukung Usaha Kelompok Pemberdayaan Masyarakat di daerah penyangga Kawasan Cagar Alam (CA) Gunung Kentawan. Acara penyerahan ini diserahkan langsung oleh Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan, Dr. Ir. H. Mahrus Aryadi, M.Sc dan dihadiri Kapolsek Loksado, Danramil Padang Batung, Kepala Desa Hulu Banyu, Kepala Desa Lumpangi, Ketua Kelompok Tani Hutan Datar Belimbing Desa Hulu Banyu, Ketua Kelompok Tani Hutan Kentawan Jaya Desa Lumpangi serta Kepala Resort CA Gunung Kentawan Suhindra, S.H beserta tim.

Masing-masing kelompok pemberdayaan masyarakat mendapatkan dana sebesar Rp 20.000.000 yang penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan dan rencana kerja tahunan. Pada tahun 2023 ini Kelompok Tani Hutan Datar Belimbing Desa Hulu Banyu menggunakan dana tersebut untuk pembelian bibit kayu manis, kelapa, pampakin, pupuk, herbisida dan fungisida. Sedangkan KTH Kentawan Jaya Desa Lumpangi menggunakan dana bantuan berupa bibit cabai, benih kacang buncis, pupuk, herbisida dan fungisida.

Pada kesempatan ini, Kepala Balai KSDA Kalsel Dr. Ir. H. Mahrus Aryadi, M.Sc menyampaikan kepada anggota kelompok untuk menguasai terlebih dahulu tata cara bertani yang baik sebelum menerima bantuan bibit pertanian.  Kemudian beliau juga mengingatkan pentingnya mengelola dana hasil budidaya pertanian tersebut, sehingga kelompok pemberdayaan bisa terus berkembang dan berkesinambungan. Tak lupa pula, kelompok masyarakat untuk terlibat aktif dalam menjaga keamanan kawasan dari gangguan yang tidak diharapkan seperti perburuan liar dan penebangan tanpa izin. (Ryn)

Sumber: Zida Rahman, S.Hut. - Penyuluh SKW I Pelaihari Balai KSDA Kalimantan Selatan



Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini