BKSDA Kalsel Bina Kelompok Kemitraan Konservasi

Kamis, 30 November 2023 BKSDA Kalimantan Selatan

Pelaihari, 22 November 2023 – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) gelar peningkatan kapasitas bagi kelompok kemitraan konservasi (kemkon) dan kelompok pemberdayaan masyarakat lingkup Seksi Konservasi Wilayah l Pelaihari di aula Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT). Kegiatan ini adalah hasil kerjasama antara Balai KSDA Kalimantan Selatan dengan BPTU-HPT Pelaihari. Sebanyak 45 peserta mengikuti, yang berasal dari kelompok kemitraan konservasi dan kelompok pemberdayaan masyarakat lingkup Seksi Konservasi Wilayah l Pelaihari dan pendamping kelompok.

Kepala BPTU-HPT Bapak Ir. Jack Pujianto membuka acara sekaligus memberikan sambutan dan pemaparan singkat terkait organisasi BPTU-HPT dan jenis-jenis pelayanannya.

“Kami ucapkan selamat datang untuk Bapak dan Ibu kelompok binaan BKSDA Kalimantan selatan. Kami sangat bersyukur Bapak dan Ibu bisa hadir disini” ucap Beliau.

“Harapannya dengan hadirnya Bapak dan Ibu dapat meningkatkan pengetahuan Bapak dan Ibu sekalian dan meningkatkan motivasi Bapak Ibu untuk menjadi pengusaha dibidang peternakan karena memang pasarnya sangat terbuka dan hasilnya yang menjanjikan dengan catatan harus telaten dan disiplin. Saya lihat disini juga hadir yang muda-muda. Ayo jangan malu jadi pengusaha ternak. Intinya dimulai dulu dan konsisten” tutup Beliau.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari staff BPTU-HPT. Adapun materi yang disampaikan adalah :

  1. Kesehatan hewan ruminansia, disampaikan oleh Bapak drh. Widhi Yanungrah
  2. Pemeliharaan ternak kambing  disampaikan  oleh Bapak Andoni Reza Nugroho, S.Pt
  3. Pengenalan tentang peternakan itik, disampaikan oleh Bapak I.M.Unggul Abrianto, S.Pt, M.Pt.

BPTU-HPT Pelaihari merupakan unit pelaksana teknis Kementerian Pertanian yang berada dibawah naungan dan bertanggungjawab pada Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan yang bergerak dibidang peternakan dan sebagai penghasil bibit ternak dan hijauan pakan ternak dengan kualitas unggul.

BPTUHPT Pelaihari menghasilkan dan menjual bibit ternak itik alabio, itik mojosari, itik PMP, Kambing PE, Sapi Madura dan bibit hijauan pakan ternak kepada seluruh lapisan masyarakat. Setelah pemaparan materi dan tanya jawab, acara dilanjutkan dengan praktik dan kunjungan ke area kandang milik BPTU-HPT Pelaihari.

Secara terpisah, Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Bapak Dr.Ir.H. Mahrus Aryadi, M.Sc sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan peningkatan kapasitas  bagi kelompok kemitraan konservasi dan kelompok pemberdayaan masyarakat lingkup Seksi Konservasi Wilayah l Pelaihari ini. Dengan adanya peningkatan kapasitas ini, harapannya adalah meningkatnya pengetahuan dan kemampuan masyarakat terkait bidang peternakan, sehingga mampu meningkatkan ekonomi dan pendapatan bagi masyarakat binaan BKSDA Kalimantan Selatan. Sekaligus pula meningkatkan komunikasi dengan masyarakat setempat agar dapat terlibat dalam menjaga keamanan kawasan konservasi. (Ryn)

Sumber: Badrul Arifin, S.Hut - PEH Seksi Konservasi Wilayah I Pelaihari Balai KSDA Kalimantan Selatan

Doc. by : M. Arifin. S.Pd; Zida Rahman S.Hut & Vid. Mariana



Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini