Tanam Pohon Untuk Bumi Tapanuli Selatan Lestari

Jumat, 24 November 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Padangsidimpuan, 24 November 2023. Memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Tapanuli Selatan Ke 73 dan dirangkai dengan peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2023, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapanuli Selatan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penghijauan dan Penanaman Pohon yang mengusung tema “Mari Kita Hijaukan dan Lestarikan Bumi Tapanuli Selatan Dengan Menanam Pohon di Lingkungan Kita”, pada Senin 14 November 2023, di Desa Sipange Siunjam, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Kegiatan yang dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan mewakili Bupati, Balai Besar KSDA Sumatera Utara diwakili Staf Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan, Kepala UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan Wilayah X Padangsidimpuan, Camat Kecamatan Sayur Matinggi dan tamu serta undangan lainnya. Irwan Hanafi, S.Hut., MM., Pejabat Fungsional PEH Madya Balai Besar KSDA Sumatera Utara pada Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan, sebagai narasumber dalam sosialisasi mengajak masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan untuk gemar menanam pohon sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dan kelestarian alam melalui aksi penanaman pada areal fasilitas sosial atau umum, permukiman, kebun dan pekarangan rumah maupun di lokasi Ruang Terbuka Hijau (RTH). Selain itu juga mengajak masyarakat untuk hidup rukun berdampingan bersama hutan dengan tidak menebang serta merusak hutan, agar hutan tetap dapat memberikan manfaat baik hidrologis, orologis, ekologis, klimatologis, estetika dan strategis kepada masyarakat.


Disela-sela acara sosialisasi yang melibatkan tokoh adat, pemuka agama serta masyarakat sekitar Desa Sipange Siunjam, dilakukan juga penyerahan bibit buah-buahan kepada masyarakat dan penanaman di lapangan bola pertapakan sekolah SMK Sipange Siunjam, dengan harapan agar nantinya lingkungan di sekitar desa semakin hijau dan masyarakat mendapat manfaat ekonomis peningkatan kesejahteraan dari hasil pohon buah-buahan yang ditanam. 

Gerakan menanam pohon serta peduli lingkungan tidak terlepas pula dari keberhasilan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan yang meraih juara satu Finalis Integrated Sustainability Indonesia Movement (ISIM) SDG’s (Sustainable Development Goal’s) For Regencies 2023 pada gelaran SDGs Annual Conference 2023 di Yogyakarta belum lama  ini. Giat ini sebuah ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian PPN/Bappenas bekerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan PT. Surveyor Indonesia serta KKPOD untuk menggerakkan pembangunan berkelanjutan setiap kabupaten di seluruh Indonesia. Keberhasilan Pemkab Tapanuli Selatan meraih peringkat I terbaik Nasional setelah menyisihkan 103 kabupaten yang ada di seluruh Indonesia dalam rangka Indonesia’s SDGs Action Award 2023.

Kegiatan menanam pohon ini tentunya tidak terlepas juga dari moment road to Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 tahun 2008, ditetapkan diperingati setiap tanggal 28 November. Hari Menanam Pohon Indonesia ini dimaksudkan untuk memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon. Selain itu juga sebagai momentum untuk mengajak masyarakat agar semakin mencintai lingkungan. 

Sumber : Irwan Hanafi, S.Hut., MM. - PEH Madya Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini