Green Youth Movement Simpul Belajar BKSDA Kalsel Dikukuhkan

Kamis, 23 November 2023 BKSDA Kalimantan Selatan

Banjarbaru, 16 November 2023 – Berlokasi di Auditorium Dr. Ir. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Dr. Siti Nurbaya Bakar melantik 1.979 peserta Green Youth Movement (GYM) dan pengukuhan menjadi Green Ambassador Indonesia (GAI) yang berasal dari 114 UPT KLHK dan KPH Perhutani sebagai simpul belajar di 35 provinsi se Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Balai KSDA Kalimantan Selatan sebagai salah satu simpul belajar mengirimkan satu peserta terbaik yaitu Ananda Hamidah Nur Pasha dari SMAN 3 Banjarbaru untuk mengikuti kegiatan pengukuhan secara langsung di Jakarta. Selain menjadi peserta terbaik di simpul belajar BKSDA Kalimantan Selatan, Hamidah Nur Pasha merupakan 20 peserta terbaik yang terpilih diantara keseluruhan peserta dan mendapatkan kesempatan untuk dikukuhkan secara langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).


Selain diikuti secara offline di Jakarta, pengukuhan Green Ambassador Indonesia juga dilakukan secara hybrid di simpul belajar BKSDA Kalimantan Selatan yang diikuti sebanyak 19 Green Ambassador.

“Semangat para pemuda dalam upaya mitigasi, rehabilitasi dan pengelolaan lingkungan hidup perlu kita sadari sebagai kekuatan besar dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup. Sebagai negara yang kaya dengan berbagai sumber daya alam dan keanekaragaman hayati baik di darat maupun di laut, Indonesia penting untuk mempersiapkan generasi mendatang yang dapat mewariskan cita-cita melindungi segenap bangsa dan tanah air agar terus lestari dan lingkungan yang sehat di masa depan. Situasi ini benar-benar telah memanggil kita semua, kekuatan antar-generasi terkhusus generasi muda yang sangat dibutuhkan untuk dapat bersama-sama dengan pihak-pihak yang terlibat dan relevan untuk dapat menyelesaikan berbagai macam persoalan nyata atas ancaman yang ada” kata Menteri LHK dalam arahannya.

Pendidikan Green Youth Movement (GYM) yang telah terlaksana, dikatakan oleh Menteri LHK merupakan wadah penting sekaligus harapan baru bagi model Pendidikan lingkungan di Indonesia. Pendidikan ini dikembangkan dengan orientasi pada penguatan kapasitas siswa dalam mengidentifikasi bentuk-bentuk penyelamatan lingkungan yang lestari dan berkelanjutan, pemuda dan lingkungan yang telah menjadi trend dunia. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan turut serta mendukung keberhasilan kegiatan Green Youth Movement (GYM). Akhirnya dengan penuh suka cita dan bahagia, Kamis 16 November 2023 Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar melantik 1.979 Green Ambassador Indonesia sesuai berdasarkan Keputusan MenLHK No.SK 1221/MENLHK/SETJEN/KUM.0/11/2023.


Sementara itu Founder Institut Hijau Indonesia sekaligus pelopor Green Youth Movement (GYM), Chalid Muhammad menyampaikan kepada seluruh Green Ambassador untuk memegang teguh amanah sebagai Green Ambassador sesuai SK dari Menteri LHK.

“Jadilah Green Ambassador yang memberikan inspirasi dan mendorong lingkungan hidup yang makin baik bagi Indonesia” kata Founder Institut Hijau Indonesia. Sebagai tindak-lanjut keberadaan GAI, Kepala Balai KSDA Kalsel menyatakan bahwa kedepan akan dijadikan kader-kader muda konservasi yang akan dibina langsung oleh BKSDA Kalsel.

Kegiatan turut dihadiri Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Dr. Bambang Hendroyono, Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama lingkup KLHK, Founder Institut Hijau Indonesia (IHI) Chalid Muhammad serta 114 peserta terbaik satu dari masing-masing simpul belajar.(Ryn)

Sumber : Endah Wahyuni Kuswidyosusanti, S.Si. - Koordinator PJLKK Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 4.8

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini