Mendidik Generasi Muda Kapuas Hulu Melalui Pembentukan Kader Konservasi dan Perkemahan Pramuka Sakawanabakti

Rabu, 22 November 2023 BBTN BBTN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Kapuas Hulu, 22 November 2023 - Bertempat di Lokasi Arung Jeram Dusun Kalis Jaya Desa Rantau Kalis Kecamatan Kalis Kabupaten Kapuas Hulu, Balai Besar TN Betung Kerihun Danau Sentarum bersama Saka Wanabakti Kapuas Hulu menyelenggarakan Pembentukan Kader Konservasi Melalui Perkemahan Pramuka Saka Wanabakti. Kegiatan yang diikuti oleh 30 (tiga puluh) orang peserta  dari 9 (Sembilan) sekolah yang berada di sekitaran Putussibau dan Kalis ini bertujuan untuk membentuk kader konservasi yang berwawasan konservasi dan lingkungan hidup. Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dana Danau Sentarum (BBTNBKDS), Wahju Rudianto menyampaikan “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya BBTNBKDS untuk meningkatkan peran aktif genersi muda dalam bidang konservasi, harapan kedepan adalah akan terbentuk kader – kader konservasi  dari kelompok ini yang menjadi pelopor dan penggerak untuk membantu pemerintah dalam menyuarakan pesan – pesan konservasi di masyarakat terutama generasi muda sehingga timbul rasa memiliki dan menyayangi alam dan lingkungan sekitar mereka”.

 

Kegiatan yang berlangsung selama 5 (lima) hari dari tanggal 15 – 19 September 2023 ini, disambut dengan antusias oleh Kepala Desa Rantau Kalis dan Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Tetang Baro Raun. Bapak Leonardus selaku Ketua Pokdarwis pada sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kepedulian anak - anak muda terhadap makin rendahnya rasa kepedulian khususnya terhadap lingkungan alam. Sedangkan menurut Kades Desa Rantau Kalis “kegiatan ini sangat baik untuk mempromosikan desa kita ke tempat lain, bahwa desa kita memiliki potensi wisata alam dan budaya yang perlu dikenal luas”.

Pada kegiatan ini para siswa berkesempatan mendapatkan materi tentang Pengetahuan Konservasi, Perlindungan Tumbuhan Satwa Liar, Kepramukaan (Saka Wanabakti), Pengelolaan Kawasan Wisata Berbasis Masyarakat, Materi Dasar SAR (Search And Resque). Praktek Pengarungan Sungai Rantau Kalis (Arung Jeram), Penanaman Pohon di Area Bekas Kebakaran, materi tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Lingkungan dan Lintas Alam serta pengambilan data Objek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA). 


Materi tersebut diberikan langsung oleh ahli yang berkompeten dibidangnya masing – masing seperti Kesatuan Pengelola Hutan Kapuas Hulu Utara, Kesatuan Pengelola Hutan Kapuas Hulu Selatan, Tim Reaksi Cepat SAR Kapuas Hulu, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas Hulu, Pokdarwis dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kapuas Hulu. 

“Materinya asik, acaranya mewah, dan jalan – jalan lintas alam serta main arung jeramnya keren pak!, ketemu sama tanaman langka bunga bangkai lagi” Ujar Nadia Agustin salah satu peserta kegiatan dimaksud yang berasal dari SMA Karya Budi. “dapat ilmu gratis, dapat jalan – jalan gratis, pas arung jeram saya baru sadar bahwa sungai yang bersih dan segar adalah dari hutan yang asri dan perlu dijaga oleh kita semua, semoga tahun – tahun kedepan saya bisa berkonstribusi dalam menjaga hutan yang ada” Bung Roy Fernando salah satu peserta yang berasal dari SMAN 2 Putussibau.

Sumber: Harri Ramadani, S.Hut (Penyuluh Kehutanan Ahli Muda) - Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 4.3

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini