Serunya Jungle Run TN Bukit Tigapuluh

Selasa, 21 November 2023 BTN Bukit Tiga Puluh

Belilas, 21 November 2023. Kegiatan “Jungle Run Taman Nasional Bukit Tigapuluh 2023” digelar tak hanya untuk promosi wisata juga untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan kelestarian Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Kegiatan ini merupakan event tahunan Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) yang kedua kalinya dengan mengangkat tema “Run For Healing” yang dilaksanakan pada Minggu, 19 November 2023 di Camp Granit, Resort Talang Lakat, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Belilas. 2.

Start dan finish lari dari Camp Granit dengan jarak sepanjang 5 Km, mengambil rute jelajah yang cukup menantang, menelusuri jalan datar, mendaki, menurun dan menyeberangi aliran sungai yang berada di zona pemanfaatan TNBT. Jumlah peserta pada tahun ini sebanyak 172 orang terdiri dari 152 putra dan 20 putri yang berasal dari beberapa daerah di Provinsi Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan DI Yogyakarta dan berbagai komunitas meliputi SeduluRun ( Pematang Reba /Indragiri Hulu ), Indragiri Berlari / IB ( Rengat / Indragiri Hulu ) , Baju Basah, Binlat NaraSinga Indragiri (Rengat/Indragiri Hulu ), Fairrunning ( Padang / Sumatera Barat ), LibuRun, Rengat Castinger Community ( Rengat / Indragiri Hulu ), Riau Complex Running Community / RCRC, Pelalawan Running / PRUN ( Pelalawan Riau ), Tangan Di Atas (TDA) Runners Jambi, Padang Trail Runner / PTR ( Sumatera Barat ), Himalaya Team, Mapala Siginjai Universitas Jambi, Indorunners_Sukabumi, Mapala OASIS ITB- Indragiri.


Untuk mencetak para calon atlit, Balai TNBT mengundang pihak SMK Kehutanan Pekanbaru sebanyak 15 (lima belas) siswa dan 5 (lima) siswi, 2 siswa dari SMA Negeri Batang Gansal dan 1 (satu) siswi dari SMK Batang Gansal. Kategori peserta dibedakan menjadi 2 kategori yaitu putra dan putri, juara 1 mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp. 3.000.000,- , juara 2 uang sebesar Rp. 2.000.000,- dan juara 3 uang sebesar Rp. 1.000.000,.

Peserta tidak ada yang mengalami cedera serius, beberapa hanya luka dan cedera ringan. Panitia telah melibatkan tim medis dari Puskesmas Batang Gansal, pengamanan dari Polsek Batang Gansal, Riau Pos, Kader Konservasi Alam TNBT dan Mapala OASIS Rengat.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan stakeholder, mitra kerja dan sponsorship meliputi PT. Lestari Asri Jaya, PT. Arara Abadi, Frankfurt Zoological Society, PT. PLN Persero UP Rengat, Bank BSI Rengat, PT.Transgasindo RO 2 Belilas, Arei Outdoor, Restorasi Ekosistem Riau (RER), PIR, Shelter Adventure Riau, Kahf, Cleo, Ramp Forester, RM Pondok Kayu, Kopi Paman, Coffee Al Hijrah dan Ayola First Point Hotel Pekanbaru.


Sumber: Balai Taman Nasional Bukit Tigapuluh


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini