Inilah Kerjasama dan Kolaborasi Balai TN Gunung Rinjani

Jumat, 10 November 2023 BTN Gunung Rinjani

Mataram, 10 November 2023. Untuk meningkatkan keterlibatan para pihak dalam pengelolaan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) diselenggarakan kegiatan Kemah Konservasi Tahun 2023 pada tanggal 28 s.d 29 Oktober 2023 di Destinasi Wisata Alam Non Pendakian Joben Eco Park, Resort Joben dan Destinasi Wisata Alam Non Pendakian Jeruk Manis, Resort Timbanuh.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerjasama antara Balai TN Gunung Rinjani dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Nusa Tenggara Barat. Peserta yang hadir antara lain Kepala Balai TN Gunung Rinjani, Kepala SPTN Wilayah I dan Wilayah II, fungsional PEH lingkup Balai TN Gunung Rinjani serta kader konservasi.

Rangkaian kegiatan terdiri dari pengenalan teknik budidaya anggrek dan identifikasi kupu-kupu serta sharing pengelolaan TN Gunung Rinjani dan kegiatan Bina Cinta Alam. Pada kegiatan tersebut, Bapak Kepala Balai TN Gunung Rinjani Dedy Asriady, S.Si, M.P turut menjadi narasumber dan berbagi ilmu mengenai identifikasi kupu-kupu.

Selain itu, dilakukan pula kegiatan penanaman bibit pohon bersama mitra Balai TN Gunung Rinjani yakni Bank Negara Indonesia (BNI), Masyarakat Desa Jeruk Manis, Kader Konservasi dan anggota Pramuka Saka Wanabakti Cabang Lombok Timur dengan total 300 bibit. Bibit pohon yang ditanam antara lain Klokos Udang (Syzygium pormosum) , Jukut (Syzygium polyanthum) dan Lembokek (Ficus septica).

Penanaman pohon ini merupakan dukungan terhadap Gerakan Menanam Pohon 1 orang 1 pohon yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi NTB sekaligus memperingati HUT BNI ke-77.

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Rinjani

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini