Refleksi Konservasi Alam Sumatera Utara 2023 di Coffee Morning

Senin, 30 Oktober 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Medan, 30 Oktober 2023. Tahun 2023, sudah berjalan dan sampai sekarang ini memasuki bulan Oktober 2023. Dalam perjalanan waktu 10 bulan ada banyak kegiatan serta aktivitas khususnya di bidang konservasi alam di wilayah kerja Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Kegiatan dan aktivitas ini tentunya menjadi hal yang penting dan  berharga dibagikan kepada publik (masyarakat) sebagai bahan informasi dan edukasi sekaligus awareness (penyadaran) tentang konservasi alam dan berbagai permasalahannya.

Informasi ini tidak mungkin tersampaikan dengan baik kepada publik tanpa adanya partisipasi/peranserta dari jurnalis (wartawan). Jurnalislah yang kemudian menjadi pelaku-pelaku pewarta terdepan yang mewartakan berbagai ragam kegiatan konservasi alam melalui medianya masing-masing, yang menjangkau seluruh lapisan  masyarakat dimanapun berada. 

Arti penting peran jurnalis inilah yang kemudian yang menginspirasi dan mendorong Balai Besar KSDA Sumatera Utara untuk melaksanakan kegiatan Coffee Morning Refleksi Konservasi Alam Sumatera Utara Tahun 2023. Giat ini sekaligus juga sebagai wujud penerapan Keterbukaan Informasi Publik oleh badan publik sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Pasal 28 F disebutkan bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh Informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki dan menyimpan Informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia, serta Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Kegiatan coffee morning yang diikuti sekitar 20 orang jurnalis, pada Senin 22 Oktober 2023, di Habitat jl. KH. Wahid Hasyim No. 38 Medan, memaparkan kegiatan-kegiatan Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang telah direalisasikan periode bulan  Januari sampai dengan bulan Oktober 2023 serta rencana kegiatan tersisa dan akan diselesaikan di bulan November s.d Desember 2023. Paparan disampaikan oleh narasumber masing-masing : Kepala Bidang Teknis Dr. Fifin Nopiansyah, S.Hut., M.Si., Kepala Bidang KSDA Wilayah I Kabanjahe  Amenson Girsang, SP., MH., Kepala Bidang KSDA Wilayah II Pematang Siantar Buana Darmansyah, S.Hut., Kepala Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan Hermanto Sialagan, SH. MH., dan Kepala Bagian Tata Usaha Elvina Rosinta Dewi, S.Hut., M.I.L. Keseluruh narasumber memaparkan segala kegiatan yang telah dilakukan/dikerjakan seusai tugas pokok dan fungsinya serta wilayah kerja masing-masing.

Beberapa narasumber memaparkan sepanjang tahun 2023 di wilayah kerja Balai besar KSDA Sumatera Utara  masih tingginya interaksi negatif antara warga dengan satwa liar baik jenis  yang dilindungi undang-undang maupun yang tidak dilindungi, seperti : Harimau Sumatera, Gajah, Orangutan, Buaya Muara dan Monyet Ekor Panjang. Disamping interaksi negatif, juga permasalahan perambahan di beberapa kawasan konservasi masih terjadi dan beberapa diantaranya sudah masuk dalam tahap proses hukum oleh aparat penegak hukum. Namun dibagian lain, giat pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan konservasi  pun   tidak kalah gencarnya dilakukan dengan menjalin kemitraan dengan pemerintah desa serta kelompok tani.

Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Rudianto Saragih Napitu, S.Si., M.Si. menyampaikan bahwa kegiatan coffee morning merupakan bentuk komitmen Balai Besar KSDA Sumatera Utara dalam menjalankan dan mengawal Keterbukaan Informasi Publik. Disamping itu, melalui coffee morning ini, diharapkan menjadi media perekat tali silaturahmi antara Balai Besar KSDA Sumatera Utara dengan para jurnalis.

Para jurnalis mengapresiasi kegiatan ini mengingat banyaknnya informasi serta data-data yang diperoleh/didapatkan, sembari berharap agar Balai Besar KSDA Sumatera Utara konsisten dalam memberikan informasi-informasi. Semoga kegiatan  yang sama rutin dilakukan dalam mensinergikan peran media massa untuk memenuhi kebutuhan publik terhadap informasi-informasi yang aktual dan terpercaya tentang konservasi alam Sumatera Utara, dari narasumbernya langsung yaitu Balai Besar KSDA Sumatera Utara.


Sumber : Evansus Renandi Manalu - Analis Tata Usaha Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini