Keterlanjuran Tambak Ikan dan Kepiting, BKSDA Kalsel Atasi Dengan Kemkon

Senin, 30 Oktober 2023 BKSDA Kalsel

Kotabaru, 25 Oktober 2023 – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan melalui Seksi Konservasi Wilayah III melakukan kegiatan Pembentukan Kelompok Kemitraan Konservasi di Desa Sebelimbingan dan Desa Pantai Baru, Kabupaten Kotabaru. Wilayah Desa Sebelimbingan dan Desa Pantai Baru Masuk dalam Wilayah yang berbatasan langsung dengan Cagar Alam Selat Laut (daerah penyangga), dan terdapat aktifitas masyarakat yang masuk dalam Cagar Alam. Hal ini lah yang membuat Tim Balai KSDA Kalimantan Selatan yakin untuk membentuk kelompok Kemitraan Konservasi (Kemkon) di dua wilayah desa tersebut. Aktifitas masyarakat diantaranya adalah keterlanjuran tambak ikan dan kepiting.

Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir Mahrus Aryadi M.Sc., menyampaikan bahwa: “Masyarakat setempat masih diperkenankan untuk tetap menggelola tambak mereka tapi dengan syarat – syarat tertentu sesuai peraturan seperti dalam blok rehabilitasi dan wajib menanam serta ikut dalam menjaga lingkungan dan juga tidak diperkenankan membuka lahan baru. Masyarakat hanya boleh mengelola dan mengambil hasil dari tambak mereka namun tidak dapat memiliki lahan tersebut”.


Sistem Silvofishery yang nantinya akan diterapkan mengikuti model yang sudah berhasil, yaitu para petani tambak yang ada di SM Kuala Lupak Kabupaten Barito Kuala. Keberhasilan Pemulihan Ekosistem yang berbasis para pihak di areal tersebut berdasarkan penelitian dan pengakuan petani tambak lebih bagus dengan adanya tanaman di tengah tambak di bandingkan seluruh tanaman habis di babat. Cara yang seperti ini lebih efektif dan membuat lahan tambak dapat terus aktif dibandingkan dengan tambak tanpa tanaman hanya akan efektif dua sampai tiga tahun.


Pembentukan Kelompok Kemkon telah menyepakati adanya 2 (dua) kelompok yaitu Kelompok Pammase Lestari dan Kelompok Pantai Baru Mangrove Lestari. Kepala Desa Sebelimbingan Baru dan Kepala Desa Pantai Baru siap mendukung skema Kemitraan Konservasi di wilayah mereka. (Ryn)

Sumber: Maulinda, S.Hut - Staf Seksi Konservasi Wilayah III Batulicin, Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini