Lima Kelompok Tani Sekitar SM Siranggas Menerima Bantuan Ekonomi Produktif

Jumat, 27 Oktober 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Sidikalang, 27 Oktober 2023. Lima Kelompok Tani (KT), Senin (23/10), diantaranya Kelompok Wanita Tani (KWT) Bersama Desa Majanggut I, Kelompok Tani Sepakat Desa Perolihen, Kelompok Tani Nduma Desa Tanjung Mulia, Kelompok Tani Enmo Mulana Desa Mahala dan Kelompok Tani Dalan Maju Desa Simerpara menerima bantuan usaha ekonomi produktif  dari  Balai Besar KSDA Sumatera Utara (BBKSDA Sumut) melalui Kepala Bidang KSDA Wilayah I Kabanjahe, Amenson Girsang, S.P., M.H. didampingi Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang Tuahman Raya, S.Sos. Serah terima ini dilaksanakan setelah sebelumnya dilakukan pembelian barang bantuan, sesuai dengan yang keinginan yang disampaikan oleh kelompok tani. 

Kepada KWT Bersama Desa Majanggut I dan KT Dalan Maju Desa Simerpara, diserahkan 2 unit alat pemipil jagung pada masing-masing kelompok. Sedangkan kepada KT Sepakat Desa Perolihen dan KT Nduma Desa Tanjung Mulia diserahkan  bantuan berupa ternak lembu sebanyak 4 ekor dan 5 ekor lembu. Dan kepada KT Enmo Mulana Desa Mahala diserahkan bantuan berupa 1 unit alat handtracktor dan 400 sak pupuk kandang. 


Seluruh barang bantuan ini telah sampai pada kelompok tani dan dapat dimanfaatkan sesuai dengan rencana kegiatan kelompok yang telah disusun. Dengan bantuan ini diharapkan menjadi pemicu untuk meningkatkan dan menambah pendapatan bagi masyarakat desa sekitar kawasan konservasi umumnya dan kelompok tani secara khususnya. Selain itu juga dengan adanya bantuan usaha peningkatan ekonomi masyarakat, yang berada di sekitar kawasan Suaka Margasatwa (SM) Siranggas dapat menjadikan masyarakat merasa lebih bertanggung jawab secara bersama untuk menjaga kawasan konservasi SM Siranggas yang memiliki luas wilayah 5.657 Ha, dan mengurangi bahkan tidak memasuki kawasan SM. Siranggas apalagi merusaknya.

Sumber : Hafsah Purwasih, S.Hut. - Penyuluh Kehutanan Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini