Warga Langkat Tumpah Ruah di Festival Adat dan Agama

Kamis, 26 Oktober 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Medan, 26 Oktober 2023. Setelah sukses dengan penyelenggaraan  kegiatan pra Festival Masyarakat Adat dan Agama Desa Sekitar kawasan Suaka Margasatwa (SM) Karang Gading dan Langkat Timur Laut Tahun 2023, yang berlangsung di dua desa sekitar kawasan yaitu Desa Suka Maju, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, pada Kamis 12 Oktober 2023 dan Desa Tanjung Ibus, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, pada Senin 16 Oktober 2023, berupa perlombaan yang bertema keagamaan dan kearifan masyarakat lokal dengan pesan moral perlindungan kawasan SM Karang Gading dan Langkat Timur Laut. 

Balai Besar KSDA Sumatera Utara kembali menggelar puncak acara Festival Masyarakat Adat dan Agama Desa Sekitar Kawasan SM. Karang Gading Langkat Timur Laut, pada Sabtu 21 Oktober 2023 di lapangan alun-alun Tengku Amir Hamzah Stabat. Beragam acara menghiasi kegiatan akbar ini, seperti : lomba mewarnai, pameran (melibatkan kelompok tani hutan, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Langkat, UMKM binaan Dinas Koperasi Kabupaten Langkat, lembaga mitra kerjasama Balai Besar KSDA Sumatera Utara YSLI, YEL, COP dan Balai Besar KSDA Sumatera Utara), Maklumat Kerapatan Adat Kesultan Negeri Langkat Tuanku Azwar Aziz Abdul Djalil Rahmat Shah, tausyiah dari Tuan Guru Babussalam Syekh Zikmal Fuad diwakili  Ustadz K.H. Thamrin Munthe, Deklarasi Dukungan Perlindungan Kawasan SM. Karang Gading Langkat Timur Laut, penyerahan bibit mangrove serta pemberian bantuan bibit ikan, bibit kepiting, ternak sapi dan budidaya lebah madu dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara kepada KTH binaan. Ribuan masyarakat Langkat dari berbagai desa dan kecamatan tumpah ruah di alun-alun Tengku Amir Hamzah Stabat.

Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Rudianto Saragih Napitu, S.Si., M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui event Festival Masyarakat Adat dan Agama menjadi momentum starting point percepatan akselarasi pengembangan penyelamatan perlindungan SM. Karang Gading Langkat Timur Laut. Untuk itu diharapkan dukungan dan kerjasama baik dari Pemerintahan Kabupaten Langkat, TNI dan Polri, tokuh adat dan agama, serta seluruh lapisan masyarakat bersama-sama mendorong agar SM. Karang Gading Langkat Timur Laut memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat dengan tetap menjaga keutuhan kawasan ini.

Asisten Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. H. Sukhyar Mulyamin, M.Si., yang mewakili Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH., menyampaikan apresiasi kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara atas segala upaya  yang telah dan sedang dilakukan dalam perlindungan dan penyelamatan kawasan SM. Karang Gading Langkat Timur Laut, karena ini berdampak positif kepada kehidupan masyarakat sekitar kawasan, sembari mengajak masyarakat untuk ikut berperan serta.

Sumber : Evansus Renandi Manalu - Analis Tata Usaha Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini