SMPN2 Sibolangit Merdeka Belajar di TWA Sibolangit

Kamis, 26 Oktober 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Sibolangit, 26 Oktober 2023. Balai Besar KSDA Sumatera Utara mendukung penerapan Program Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Momentum ini bersinergi dengan peringatan Hari Konservasi Alam Nasional 2023 serta menyambut Hari Cinta Puspa Dan Satwa Nasional (HCPSN) Tahun 2023 yang biasanya diperingati setiap tanggal 5 November. Karena program ini, SMP Negeri 2 Sibolangit melaksanakan kunjungan ke Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit pada Selasa, 24 Oktober 2023, untuk mengenal lebih dekat ekosistem hutan, mengamati keragaman tumbuhan pepohonan sekaligus memupuk rasa cinta alam dan lingkungan di kalangan pelajar. 

Merdeka Belajar merupakan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, yaitu langkah untuk mentransformasi pendidikan demi terwujudnya sumber daya manusia (SDM) unggul yang memiliki profil Pelajar Pancasila. Dikatakan merdeka dalam belajar itu berarti siswa memiliki kebebasan untuk berpikir dan berekspresi.

Pembelajaran ke TWA Sibolangit ini, menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Sibolangit, Achmad Bahtiar, MA., sejalan dengan tujuan dari merdeka belajar, yaitu membangun suasana belajar yang lebih menyenangkan baik bagi guru maupun siswa, dan menciptakan peserta didik yang berjiwa merdeka sehingga mereka dapat menemukan potensi dan kemampuan diri masing-masing.

Kegiatan ini diikuti 100 pelajar dan didampingi 3 orang guru, Muhammad Taufi Jufri, S.PdI, Gerry Abraham Elroy Sembiring, S.PdK. dan Kyanto Hutabarat, S.Pd.,. Di lokasi kehadiran siswa/I SMP Negeri 2 Sibolangit disambut dengan dengan hangat  oleh Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit Four Leddys Aritonang, ST. beserta staf yang bertindak sebagai pemandu lapangan. Sebagian besar dari pelajar belum pernah mengunjungi kawasan, sehingga kunjungan perdana ini menarik perhatian mereka untuk belajar dan mengenal isi kawasan. Saat ditanya kesannya, seluruhnya menyatakan menyenangkan dan berharap dapat mengunjungi kembali kawasan TWA. Sibolangit, mengingat banyak hal yang masih perlu digali dan dipelajari lagi.

Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit menyampaikan apresiasi kepada Kepala Sekolah, guru pendamping dan siswa/i SMPN Negeri 2 Sibolangit yang telah menjadikan kawasan konservasi ini sebagai media penerapan Merdeka Belajar, dan berharap semoga pembelajaran yang telah disampaikan dapat bermanfaat dalam menambah serta memupuk jiwa konservasi, cinta alam dan lingkungan.

Sumber : Samuel Siahaan, SP. - PEH Pertama Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini