Mengukur Tingkat Kepuasan Pengunjung di Resort Gililawa

Jumat, 20 Oktober 2023 BTN Komodo

Labuan Bajo, 10 September 2023. Mahasiswa Program Studi Kehutanan  Universitas Mataram,  Ayu  Nazira,  dinyatakan  lulus  seleksi  magang  dan  berkesempatan melaksanakan pembelajaran secara langsung di Balai Taman Nasional Komodo selama lebih dari 40 hari kerja. Ayu bersama dengan 5 anggota kelompok magangnya melaksanakan magang mulai tanggal 22 Juni – 20 Agustus 2023. Sebagai salah satu persyarat wajib yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa magang, Ayu Nazira perlu menentukan satu judul Small Scale Research (SSR) mengenai topik tertentu yang berkaitan dengan pengelolaan Taman Nasional Komodo. Adapun judul SSR tersebut terkait kepuasan pengunjung yang berkunjung ke Resort Gililawa.

Resort Gililawa merupakan resort jaga yang berada di Pulau Gililawa Darat yang memiliki tanggung jawab untuk memfasilitasi kegiatan pariwisata alam bagi pengunjung yang datang ke Taman Nasional Komodo. Resort ini berada dalam lingkup wilayah pengelolaan Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II,Balai Taman Nasional Komodo dibawah pengawasan Luqman Hidayat (Kepala SPTN Wilayah II) dan Banu Widyanarko (Kepala Resort Gililawa). Keindahan bentang alam di Pulau Gililawa Darat sangat cantik dengan warna kuning kehijauan, rumputnya bergoyang diterpa angin yang kering melintasi area lembah dan perbukitan. Menariknya, Pulau Gililawa Darat tidak dihuni oleh biawak komodo dan tidak memiliki sumber mata air. Satu-satunya satwa yang hidup di Pulau Gililawa Darat adalah rusa timor (Rusa timorensis) dan elang laut perut putih (Haliaeetus leucogaster) yang mampu bertahan pada ekosistem padang sabana yang tidak memiliki sumber mata air.

Wisatawan dapat melakukan kegiatan trekking (penelusuran hutan) ke arah Puncak Gililawa dan melakukan snorkeling ataupun diving pada perairan di sekitarnya. Selain keindahan bentang alamnya, Pulau Gililawa Darat juga tampak sangat menawan dari udara oleh karena warna biru laut yang sangat kontras dengan warna kuning padang sabananya.

Sebanyak 2687 kunjungan wisatawan tercatat beraktivitas di Resort Gililawa (Januari - Juni 2023). Wisatawan banyak berasal dari  mancanegara maupun nusantara. Namun, belum  banyak diketahui apakah kunjungan kelompok wisatawan ini mencapai kepuasan yang diharapkan oleh masing-masing pengunjung. Untuk mengetahui fenomena sosial tersebut, Ayu berusaha untuk mengukur tingkat kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Resort Gililawa dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen yang tepat saat melakukan intercept setiap respondennya. Kegiatan pengumpulan data SSR ini dilakukan mulai tanggal 11 – 21 Juli 2023 di Resort Gililawa. Jumlah sample sebanyak 40 responden wisatawan. Wisatawan tersebut diminta kesediaannya mengisi kuisioner secara  sukarela  dan  acak. Responden diminta mengisikan item dengan skala Likert (Skor 1 – 5) untuk melihat preferensi persepsi kepuasannya masing-masing selama berada di Taman Nasional Komodo.

Adapun hasil perhitungan penilaian skoring nilai tingkat kepuasan wisatawan yang diperoleh adalah 64,92 dengan kategori “Sangat Puas”. Wisatawan menunjukan tingkat loyalitas dengan rata-rata nilai mencapai 13,97 dengan kategori “Sangat Puas”. Berdasarkan pengamatan umum, diduga bahwa tingkat loyalitas pengunjung sangat bergantung dengan tingkat kepuasaan yang dirasakan selama berkunjung. Salah satu indikator bahwa seorang wisatawan memiliki tingkat kepuasan dan loyalitas yang tinggi adalah terjadinya word  of  mouth,  dimana  wisatawan  akan  menceritakan pengalaman perjalanan dan  keunikan  dari destinasi wisata tersebut kepada orang terdekat atau koleganya.


Selain melaksanakan kegiatan SSR, Ayu Nazira juga terlibat berbagai kegiatan resort-based management (RBM) bersama petugas Resort Gililawa. Salah satu kegiatan yang diikuti adalah patrol daratan maupun perairan di wilayah pengelolaan Resort Gililawa. Ayu diajarkan mengambil data menggunakan aplikasi  Cyber Track untuk menginput titik perjumpaan satwa liar dan tumbuhan yang ditemui pada jalur trekking atau jalur jelajah Resort Gililawa. Ayu merasa pengalaman magangnya di Balai Taman Nasional Komodo sangat berkesan dan sangat bermanfaat untuk pengembangan diri serta karirnya di masa depan.

Sumber: Balai Taman Nasional Komodo (SIARAN PERS No: PG.25/T.17/SET.2/HMS.3/8/2023)

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Hendrikus Rani Siga, S.Hut., M.Sc. (+6281353363519)

Penulis Berita: Mahasiswa Kehutanan Universitas Mataram - Ayu Nazira (+6287864311802)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Muda - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+6281138290000)


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini