Membangun Kesepakatan Konservasi di 7 Desa Penyangga Kawasan

Rabu, 18 Oktober 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Sidikalang, 18 Oktober 2023. Pada Rabu, 11 Oktober 2023, telah dilaksanakan penandatanganan Kesepakatan Konservasi pada 7 desa dalam menjaga kawasan hutan SM. Siranggas dan TWA. Sicike-cike, yaitu Desa Simerpara Kecamatan Pergetteng Getteng Sengkut, Desa Mahala Kecamatan Tinada, Desa Perolihen, Desa Tanjung Mulia, Kecamatan Sitellu Tali Urang (STTU) Jehe, Desa Majanggut I, Desa Perpulungen Kecamatan Kerajaan dan Desa Salak I, Kecamatan Salak.. 

Penandatanganan dilaksanakan oleh Kepala Bidang Konservasi Wilayah I Kabanjahe Amenson Girsang, S.P., M.H. dengan 7 Kepala Desa, disaksikan Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang Tuahman Raya, S.Sos. bersama kepala resort dan staf serta ketua dan pengurus Kelompok Tani penerima bantuan peningkatan usaha ekonomi masyarakat. 

Program pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pemberian bantuan ekonomi produktif sesuai dengan permohonan masing-masing kelompok tani, yaitu Desa Perolihen dan Desa Tanjung, Kecamatan STTU Jehe, bantuan berupa usaha ternak lembu. Kemudian Desa Majanggut I Kecamatan Kerajaan dan Desa Simerpara Kecamatan Pergetteng Getteng Sengkut, bantuan berupa alat pemipil jagung. Sedangkan Desa Salak I Kecamatan Salak, Desa Mahala Kecamatan Tinada dan Desa Perpulungen Kecamatan Kerajaan bantuan berupa alat handtracktor. 

Dengan adanya kegiatan pemberdayaan masyarakat desa yang berada di sekitar kawasan SM. Siranggas yang memiliki luas wilayah 5.657 Ha. dan TWA. Sicike-cike yang memiliki luas wilayah 531,02 Ha. maka diharapkan adanya perpanjangan tangan bagi Balai Besar KSDA Sumatera Utara dalam menjaga kawasan serta memberikan informasi terkait perlindungan dan pengamanan kawasan dari tindakan luar yang berusaha untuk merusak. Selain itu diharapkan pula dengan adanya bantuan ini, secara nyata manfaatnya dapat dirasakan  dalam meningkatkan penghasilan masyarakat desa umumnya dan anggota kelompok tani khususnya. 

 

Sumber : Hafsah Purwasih, S.Hut.  (Penyuluh Kehutanan) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini