Ini 3M Dasar Penyelenggaraan Kerjasama

Kamis, 12 Oktober 2023 BBTN Bukit Barisan Selatan

Bandar Lampung 10 Oktober 2023. Inspektur Wilayah I Inspektorat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sri Sultrarini Rahayu,   S. Hut., MP., CfrA., QGIA,  memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Kerjasama lingkup Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) yang diselenggarakan pada tanggal 10 – 11 Oktober 2023 di Hotel Emersia Bandar Lampung.

”Kerjasama yang dilakukan harus berdasarkan atas 3 M, yaitu: mutual trust; mutual respect; dan mutual benefit. Saling percaya, saling menghormati dan tentunya saling mendapatkan manfaat/keuntungan yang  berimbang. Kegiatan ini sangat baik diselenggarakan dalam rangka pembenahan dan penataan kerjasama bersama Mitra”, ujar Rahayu, saat menjadi narasumber dalam kegiatan ini.

Selain dihadiri oleh Inspektur Wilayah I, Rakor ini juga dihadiri dan menjadi narasumber, yaitu Sekretaris Ditjen KSDAE yang diwakili oleh Sdr. Ivan Andita Frediantoro (online) dan Direktur Perencanaan Kawasan Konservasi yang diwakili oleh Sdr. Indra Dirhamsyah, SP., M. Si. Selain itu, Rakor juga dihadiri oleh mitra kerjasama Balai Besar TNBBS dalam mendukung kegiatan Pengelolaan Taman Nasional, dimana terdapat 5 Mitra Kerja dalam rangka penguatan fungsi KSA/KPA yaitu: Pemerintah Kabupaten Lampung Barat; PT.Adhiniaga Kreasi Nusa; YABI; WCS – IP; Kelompok Tani Hutan. Balai Besar TNBBS juga memiliki Mitra Kerjasama Pembangunan Strategis yang tidak dapat dielakkan berjumlah 6 Mitra yang terdiri dari: Pemerintah Kabupaten Lampung Barat; BPJN Bandar Lampung; BPJN Bengkulu, PT. PLN UID Lampung; PT. Telekomunikasi Indonesia; PT. Indosat Tbk; PT. XL Axiata.

Pelaksana Tugas Kepala Balai Besar TNBBS Ismanto, S.Hut.,M.P. mengharapkan melalui kegiatan Rakor Kerjasama ini, Mitra Kerja dapat lebih sinergis dengan akselerasi yang baik sesuai dengan regulasi yang ada sehingga tidak ada kendala yang berarti dalam implementasi program dan kegiatan yang tertuang dalam RPP, RKL dan RKT. “Balai Besar TNBBS sebagai management authority Kawasan Konservasi TNBBS memerlukan dukungan dari para pihak (penta helix), termasuk mitra yang hadir pada rakor kali ini sehingga program dan kegiatan yang telah menjadi komitmen bersama dapat menjawab filling the gap pengelolaan kawasan konservasi yang ada sehingga TNBBS beserta TN Gunung Leuser dan TN Kerinci Seblat yang merupakan situs warisan dunia cluster Tropical Rainforest Heritage of Sumatra ini dapat keluar dari status indanger list”,  ungkap Ismanto.

Sinergitas program Balai Besar TNBBS dengan mitra kerjasama dibagi dalam 2 jenis kemitraan yaitu mitra strategis dan mitra penguatan fungsi. Mitra strategis akan mendukung tujuan pengelolaan TNBBS dalam optimalisasi potensi sumber daya alam dan ekosistemnya dan peningkatan kemampuan dalam pengelolaan kawasan. Sedangkan mitra penguatan fungsi akan mendukung tujuan pengelolaan yaitu terselamatkannya tiga spesies kunci yaitu Harimau Sumatera, Badak Sumatera dan Gajah Sumatera beserta ekosistemnya; terwujudnya keutuhan kawasan dalam rangka pengelolaan kawasan yang mantap; potensi sumber daya alam dan ekosistemnya serta peningkatan kemampuan dalam pengelolaan kawasan.

Harapan serupa juga disampaikan oleh Kepala Bagain Tata Usaha Pupung Purnawan, S.Hut.,M.Sc. “Pertemuan ini adalah salah satu forum yang baik bagi kita semua untuk bersama-sama mendiskusikan tentang kemajuan, hambatan dan perbaikan yang harus dilakukan kedepan untuk mencapai tujuan pengelolaan kawasan TNBBS yang lebih baik. Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan rapat koordinasi kerjasama ini”, kata Pupung.

Rapat Koordinasi Kerjasama lingkup Balai Besar TNBBS tahun 2023 menghasilkan rumusan yang ditandatangani oleh Para Pihak, menggambarkan komitmen Para Pihak untuk penyelenggaraan Kerjasama yang lebih optimal di periode mendatang.

Sumber: Humas Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini