Bahas Pertumbuhan Ekonomi, Ketua WEF Sempatkan Kunjungi TN Komodo

Rabu, 04 Oktober 2023 BTN Komodo

Labuan Bajo, 3 Oktober 2023. Ketua Eksekutif World Economic Forum, Profesor Klaus Schwab beserta pasangan, Hilde Schwab, diajak untuk mengunjungi kawasan Taman Nasional Komodo pada tanggal 09 September 2023. Sebelumnya mereka bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta pada tanggal 05 September 2023 guna membahas pertumbuhan ekonomi ASEAN dan pentingnya integrasi kecerdasan buatan (artificial intelligence) di dalam diskusi-diskusi ekonomi. Pada pertemuan tersebut, Profesor Klaus percaya bahasa Indonesia memiliki peran penting terhadap pertumbuhan ekonomi ASEAN di masa depan dan dengan bangga mengundang Presiden Joko Widodo untuk dapat berkenan hadir dalam World Economic Forum Tahun 2024.


Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Urbanus Sius, bersama interpreter andalannya, Muhammad Ikbal Putera (Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Muda) melakukan pendampingan prima bagi Profesor Klaus Schwab beserta rombongan saat berkunjung Resort Loh Buaya, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Balai Taman Nasional Komodo. Di Resort Loh Buaya, Profesor Klaus Schwab diajak menyusuri elevated deck dan berkunjung ke dalam Pusat Informasi Komodo. Dari atas elevated deck, beberapa individu biawak komodo terlihat sedang beristirahat/berteduh dari teriknya panas matahari. Profesor Klaus tampak takjub melihat biawak komodo di Taman Nasional Komodo. Rasa keingintahuan Profesor Klaus dan rombongan dijawab satu per satu oleh Muhammad Ikbal Putera sebagai interpreter dan pemandu utama dalam rombongan tersebut.

Rombongan selanjutnya berkunjung ke Pusat Informasi Komodo untuk melihat interactive panel dan kerangka biawak komodo, Mr. X dan Jessica. Ikbal mengajak rombongan menjelajah setiap lorong informasi di dalam museum. Seusai mendengarkan banyak informasi di dalam Pusat Informasi Komodo, rombongan diajak untuk mengamati biawak komodo yang berada di Lembah Loh Buaya dari jarak yang aman dengan pendampingan petugas Naturalist Guide. Rombongan melakukan foto dari jarak 10-meter dan menyampaikan “bahagia namun gugup” dapat berfoto bersama dengan komodo dari jauh.

Setelah cukup berfoto bersama biawak komodo, Profesor Klaus dan rombongan bersiap kembali ke Labuan Bajo. Profesor Klaus Schwab dan Hilden Schwab menyampaikan apresiasi kepada Muhammad Ikbal Putera telah cakap memberikan informasi mengenai pengelolaan Taman Nasional Komodo dengan sangat kaya, namun tetap atraktif dan tidak membosankan. Profesor Klaus senang dengan kunjungannya ke Taman Nasional Komodo dan sangat menikmati indahnya bentang alam di Situs Warisan Dunia ini. Beliau menyampaikan akan kembali ke Taman Nasional Komodo bersama dengan keluarganya di waktu yang akan datang.

Sumber: Balai Taman Nasional Komodo (Siaran Pers No: PG.23/T.17/SET.2/HMS.3/9/2023)

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Hendrikus Rani Siga, S.Hut., M.Sc. (+6281353363519)

Penulis Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Muda - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Muda - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+6281138290000)


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini