Kolaborasi yang Membawa Perubahan

Jumat, 29 September 2023 BTN Taka Bonerate

Pulau Jinato - Kepulauan Selayar, 28 September 2023. Desa Jinato, bersama dengan 5 desa lainnya di dalam Kawasan Taman Nasional (TN) Taka Bonerate, berkumpul di kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah 2 Jinato, Desa Jinato, Kecamatan Taka Bonerate, untuk Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat Binaan Balai TN Taka Bonerate, Kamis (28/9). 

Program peningkatan kapasitas kelompok masyarakat ini adalah contoh nyata kolaborasi yang sukses antara pemerintah, lembaga konservasi alam, dan komunitas lokal dalam upaya menjaga keberlanjutan alam dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Kepala SPTN Wilayah 2 Jinato, Muhammad Hidayat, yang turut dihadiri oleh perangkat desa Jinato. Dalam sambutannya, Muhammad Hidayat menggarisbawahi pentingnya kerja sama antara pemerintah daerah, Balai TN Taka Bonerate, dan masyarakat lokal untuk menjaga keberlanjutan sumber daya alam yang unik dan melindungi lingkungan di kawasan TN Taka Bonerate ini.

"Giat ini juga untuk memantapkan masyarakat dalam pelayanan tamu wisata pada event Festival Taka Bonerate dan Dive Camp pada 26 sd. 30 Oktober 2023 ini," jelas Muhammad Hidayat.


Program ini melibatkan 30 peserta dari 6 desa yang berada di dalam kawasan TN Taka Bonerate. Mereka akan menjalani serangkaian pelatihan selama dua hari (28 sd. 29 Oktober 2023) yang mencakup aspek pengelolaan Homestay, pembuatan cinderamata mata dari bahan lokal, dan pramu wisata (guiding).

Adapun pemateri-pemateri yang didatangkan merupakan praktisi yang sangat berkompeten dibidangnya, Pengolaan Homestay Mursalim dari Indonesian Homestay Association yang juga pemilik Homestay Dodo, Pramu Wisata (Guiding) Mastudi dari Yayasan Jokkaki (Jokka Kreatif Indonesia) yang juga sekaligus anggota Himpunan Pramu Wisata Indonesia Sul Sel, Pembuatan Cinderamata Nur Hariyani Pengrajin Berliana Tanjung Bira.

Perangkat desa Jinato dalam hal ini Kepala Desa Jinato Andi Sulistilawanti juga mengekspresikan dukungannya terhadap program ini dan berharap program ini akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat setempat, termasuk peningkatan pendapatan dan pelestarian keindahan alam Pulau Jinato khususnya dan TN Taka Bonerate pada umumnya.

Semua mata tertuju pada masa depan yang lebih terang bagi Taman Nasional Taka Bonerate dan penduduknya.


Sumber Teks dan Foto: Syamsuriani & Harlina - Penyuluh Kehutanan Balai TN Taka Bonerate

Editor Asri - Humas Balai Tn Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini