Laksanakan Penilaian METT tahun 2023, Berapa Nilai Efektifivitas Pengelolaan Kawasan TNBK?

Rabu, 27 September 2023 BBTN BBTN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Putussibau, 26 September 2023 - Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTNBKDS) melaksanakan penilaian efektivitas pengelolaan Kawasan Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK). Kegiatan dilaksanakan di ruang Aula kantor Balai Besar TNBKDS ini melibatkan pihak-pihak terkait diantaranya Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman, Pertanahan Dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas Hulu, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Putussibau Utara, KPH Putussibau Selatan, Camat Embaloh Hulu, Camat Putussibau Selatan, Camat Putussibau Utara, Para Kepala Desa di sekitar Taman Nasional Betung Kerihun, Kelompok Binaan, serta para Pejabat dan Petugas lapangan lingkup TNBKDS. Dengan pelibatan berbagai pihak dalam kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pihak-pihak eksternal dan internal sekaligus sebagai wujud obyektifnya penilaian efektivitas pengelolaan Kawasan Konservasi.

Penilaian efektifitas pengelolaan Kawasan TNBK dilakukan dengan menggunakan instrumen Management Effectivenes Tracking Tools (METT). METT merupakan perangkat yang digunakan untuk mengevaluasi secara mandiri (self assessment) sehingga mudah untuk diaplikasikan dan dijawab oleh para pihak yang terlibat. Proses penilaian dalam METT difasilitasi oleh Rahman R. Nababan sebagai fasilitator dari UPT BBTNBKDS sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Pengelolaan Kawasan Konservasi nomor SK.15/PKK/PPKK/KSA.1/9/2022.

Kepala Balai Besar TNBKDS, Bapak Wahju Rudianto dalam arahannya menyampaikan bahwa “kegiatan penilaian ini merupakan penilaian rutin yang wajib dilakukan oleh TNBKDS sebagai pengelola. Penilaian harus dilakukan sesuai kondisi faktual di lapangan dan diharapkan ada hasil atau output berupa nilai efektivitas serta rekomendasi ke depan bagi pengelola yang harus ditindaklanjuti”.  

Di akhir kegiatan, kepala Bidang Teknis Konservasi TN, Gunawan Budi Hartono dalam arahannya menyampaikan bahwa Nilai Efektivitas Pengelolaaan Kawasan TNBK merupakan gambaran kuantitatif pengelolaan mulai dari perencanaan hingga capaian yang dilakukan oleh Balai Besar TNBKDS dari 77% pada tahun 2021 hingga mencapai 79% pada tahun 2023 ini. ‘’Harapannya Nilai Efektivitas Pengelolaaan Kawasan TNBK tahun ini menjadi gambaran yang objektif dari pengelolaan kawasan TNBK dan tentunya masih perlu perbaikan berdasarkan masukan dalam rekomendasi dalam penilaian’’ pungkasnya.


Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini