Festival Vanda tricolor ke-6

Jumat, 22 September 2023 BTN Gunung Merapi

Sleman, 21 September 2023. Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa membuka Festival Vanda tricolor ke-6, Kamis (21/9), di kebun buah dan anggrek Titi Orchids di jalan Boyong, Pakem. Festival akan berlangsung selama 3 hari hingga Minggu, 23 September 2023. Selain sarasehan dan seminar, terdapat pula lomba foto anggrek, lomba kreasi tari, dan lomba mewarnai serta workshop merajut dan membatik.  Pihak Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) rencananya akan mengisi Bincang Santai pada Jumat siang (22/9), pukul 13.00 WIB dengan tajuk Konservasi Anggrek di kawasan TNGM dan Desa Penyangganya, yang akan disampaikan oleh Pejabat Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) dan Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat Penyangga TNGM dari Cangkringan, Sleman.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sleman menyampaikan agar masyarakat turut melestarikan anggrek Vanda tricolor dengan tidak mengambil dari alam. Masyarakat bisa membantu pelestarian anggrek dari pengembangbiakan dan pembudidayaan kelompok masyarakat yang telah ada.  Festival tahun ini juga sebagai Pentas Event Khusus Danais dalam rangka mendukung Jogja Tourism Day, dihadiri oleh GKR Bendoro.


Setelah serah terima anggrek dari  Wabup dan GKR Bendoro  ke pengelola wisata  Sempu Wonokerto Turi dan Jethak Sidokerto Godean dan simbolis menanam anggrek  Vanda tricolor di media tanam.  Kemudian bersama para undangan lainnya, Wakil Bupati Sleman meninjau stand pameran UMKM, pameran petani/pengusaha anggrek dan kontestan anggrek Vanda dan anggrek lainnya.  Rangkaian acara ditutup dengan santap siang bersama. 

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), Muhammad Wahyudi, menyampaikan rasa bangganya, bahwa semakin banyak pihak yang peduli dan melestarikan Anggrek Merapi.  

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Merapi

*** 

Pembuat berita : Putu Dhian Budhami

Penyunting berita : Titin Septiana Rahmawati

Penanggung jawab: Muhammad Wahyudi, S.P, M.Sc. (Kepala Balai) - 085244012365

FB: Taman Nasional Merapi

Twiter: @btngunungmerapi

IG: @btn_gn_merapi

Website : tngmerapi.id




Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini