Pegunungan Bintang Menuju Kabupaten Konservasi

Selasa, 12 September 2023 BBKSDA Papua

Jayapura, 11 September 2023 – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua menyambut hangat komitmen Bupati Spei Yan Bidana untuk wujudkan Pegunungan Bintang sebagai Kabupaten Konservasi. Spei menyampaikan komitmen tersebut dalam kunjungannya ke kantor BBKSDA Papua pada Senin, 11 September 2023. 

Spei mencanangkan pembangunan Kabupaten Pegunungan Bintang di masa mendatang tetap memperhatikan keseimbangan ekosistem agar kekayaan alam Papua dapat lestari dan terjaga. Menjadi Kabupaten Konservasi berarti gerak langkah pembangunan harus memperhatikan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan (sustainable development).

Spei memahami benar bahwa di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang terdapat kawasan konservasi Cagar Alam Jayawijaya dan Suaka Margasatwa Mamberamo Foja. Maka, ia berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan dengan memperhatikan keseimbangan lingkungan. Spei menegaskan, bahwa semua pihak perlu menumbuhkan kesadaran terkait konservasi alam sejak sekarang. 

“Pegunungan Bintang ini termasuk pusat hidrologi Papua, sekaligus menjadi salah satu kawasan penyangga. Karena itulah saya ingin menjadikan Pegunungan Bintang sebagai Kabupaten Konservasi,” tegas Spei.

Kepala BBKSDA Papua, A.G. Martana, menyambut baik komitmen tersebut, dan menyarankan agar Kabupaten Pegunungan Bintang segera memulai langkah dengan penyusunan dokumen Tata Ruang yang dituangkan dalam produk hukum Peraturan Daerah (Perda). 

“Kami siap memberikan dukungan terhadap komitmen dari Bapak Bupati Pegunungan Bintang. Ini merupakan langkah yang sangat baik. Untuk itu, kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya, dan semoga komitmen tersebut segera terwujud,” ungkap Martana.

Pada saat yang sama, Martana menyampaikan harapannya agar kabupaten-kabupaten yang lain segera napak tilas Pegunungan Bintang. Dengan demikian, alam Papua yang maha indah dan kaya akan terjamin kelestariannya.(dd)

Sumber: Balai  Besar KSDA Papua

Call Center BBKSDA Papua : 0823 9770 9728 




  


 


 


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini