Demi "Leuweung Hejo, Masyarakat Ngejo" DPR RI & KLHK Kompak

Jumat, 08 September 2023 BBTN Gunung Gede Pangrango

Sukabumi, 8 September 2023. Kelompok Tani Hutan (KTH) binaan Bidang Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Wilayah II Sukabumi, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) diberikan peningkatan kapasistas dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat Sekitar Kawasan TNGGP di Hotel Selabintana Sukabumi, Jumat (8/9). Peserta yang diundang berjumlah 45 orang terdiri dari Anggota Komisi IV DPR RI drh. H. Slamet, Prof. Dr. Satyawan Pudyatmoko, S.Hut., M.Agr.Sc. selaku Direktur Jenderal KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Tenaga Ahli Anggota A-431 Komisi IV DPR RI, Pejabat Eselon II lingkup KSDAE, Eselon II, III dan IV lingkup BBTNGGP beserta beberapa perwakilan KTH.


Perwakilan 9 KTH yakni KTH Karya Tani, Harapan Maju, Tunas Harapan, Mandiri Cikawung, Kuta Lestari, Tunas Bangsa, Nikreuh Mandiri, Pangkalan Barokah dan KTH Jaga Raksa Goalpara, diberi bantuan secara simbolis oleh Anggota Komisi IV DPR RI yang didampingi Dirjen KSDAE Kementerian LHK. Keberhasilan KTH dalam mengelola bantuan usaha ekonomi yang telah diterima mewujudkan "Leuweung Hejo Masyarakat Ngejo" (Hutan Lestari, Masyarakat Sejahtera)

Hal yang sama juga ditekankan Kepala Balai Besar TNGGP Sapto Aji Prabowo dalam sambutannya, yaitu terkait efektivitas manfaat bantuan yang akan diterima nantinya, sehingga upaya peningkatan ekonomi masyarakat lebih mudah tercapai. “Diharapkan kedepannya ada sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan TNGGP” Ucapnya. Sepatah dua patah juga diungkapkan Dirjen KSDAE, bahwa agar masyarakat yang tergabung dalam KTH terus bisa berinovasi untuk pengembangan usaha ekonomi yang telah berjalan, sedangkan arahan dari drh. H. Slamet menitikberatkan keberlanjutan dan kesinambungan bantuan usaha ekonomi yang telah diterima para KTH ini terus bisa dikembangkan. Dalam sesi diskusi pertanyaan demi pertanyaan yang diajukan oleh peserta langsung ditanggapi oleh para narasumber.

Rangkaian acara disempurnakan dengan pemaparan materi mengenai Teknik Budidaya Peternakan dan Wisata Alam oleh Praktisi dari Tenaga Ahli Komisi IV DPR RI. Pemahaman dan penguasaan materi oleh peserta tentunya sangat penting dan bisa menjadi modal dasar dalam optimalisasi pengelolaan bantuan usaha tersebut.


Sumber: Agus Deni - Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini