Wadah Pendidikan Lingkungan Hidup se-Indonesia Simpul BKSDA Kalsel

Jumat, 25 Agustus 2023 BKSDA Kalimantan Selatan

Banjarbaru, 21 Agustus 2023 – Sebagai salah satu simpul belajar berdasarkan SK Sekjen KLHK Nomor : SK. 78/SEKJEN/DATIN/DTN.0/6/2023 tentang Penetapan Tim Sekretariat dan Pendamping Peserta Green Youth Movement (GYM) Tahun 2023, Balai KSDA Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan Green Youth Movement (GYM) Tahun 2023 yang diikuti oleh 20 peserta (10 siswa dan 10 siswi) dari SMA/SMK di wilayah regional Kalimantan Selatan. Kegiatan GYM merupakan program pendidikan dasar gerakan lingkungan hidup yang menyediakan wadah bagi para generasi muda untuk bertukar pengetahuan dalam melindungi dan mengelola lingkungan hidup se Indonesia.  Adanya kegiatan GYM diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan generasi muda mengenai isu-isu lingkungan hidup secara aktual serta pemahaman tentang penyelesaiannya.  Tidak hanya itu kegiatan GYM juga menargetkan peserta yang mengikuti kegiatan akan dijadikan sebagai Green Hero / Green Youth Ambassador (Duta Hijau) bagi sekolah masing-masing.


Kegiatan GYM dibuka langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc.  melalui zoom meeting. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa peran generasi muda menjadi kunci pemulihan lingkungan hidup. Dengan gaya hidup hijau yang mulai menjadi trend baru kaum muda saat ini melalui berbagai macam gerakan membangun lingkungan seperti gerakan pelestarian alam, pengelolaan sampah hingga pendidikan ramah lingkungan. Diharapkan dengan hadirnya Duta Hijau dari generasi muda, gerakan pemulihan lingkungan akan berlangsung secara lebih massif, inklusif dan inovatif.


Kegiatan GYM dilaksanakan secara hybrid pada masing-masing simpul belajar selama 6 hari pada tanggal 21-26 Agustus 2023.  Selanjutnya kegiatan GYM akan diikuti oleh peserta secara online hingga dilaksanakannya Pelantikan Duta Hijau dan Aksi Penanaman Serempak yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 mendatang. Kepala Balai KSDA Kalsel Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M. Sc., selaku penanggung jawab simpul meminta semua peserta untuk dapat memanfaatkan kesempatan khusus ini untuk menambah ilmu pengetahuan dan jejaring dengan pelajar dari seluruh Indonesia. (Ryn)

Sumber: Endah Wahyuni Kuswidyosusanti, S.Si. - Koordinator PJLKK Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini