Simpul Belajar Balai TN Gunung Rinjani Ikut GYM

Kamis, 24 Agustus 2023 BTN Gunung Rinjani

Mataram, 24 Agustus 2023. Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) mengikuti pembukaan Green Youth Movement (GYM) yang di buka langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Senin (23/8). 

Green Youth Movement merupakan program pendidikan dasar gerakan lingkungan hidup yang menyediakan wadah bagi para generasi muda untuk bertukar pengetahuan dalam melindungi dan mengelola lingkungan hidup. Siswa siswi dikenalkan, ditumbuhkan kesadaran, dan keterikatan terhadap isu perubahan iklim, agar memperoleh gambaran terkait konsep utama gerakan yang akan dilaksanakan. GYM dilakukan secara daring dan luring (hybrid) mulai tanggal 21 - 26 Agustus 2023 pada masing-masing Simpul Belajar.  

Simpul belajar merupakan bentuk pendidikan yang mengadaptasi sistem berjejaring, yaitu bentuk yang memusatkan pendidikan pada satu lokasi terpilih yang kemudian diakses oleh beberapa lokasi daerah berbeda di 34 Provinsi di Indonesia. Simpul Belajar berfungsi sebagai ‘ruang kelas’ untuk para peserta Green Youth Movement selama fase in-class berlangsung. Dengan menggunakan jejaring daring (online), setiap Simpul Belajar akan mendapatkan praktik belajar-mengajar yang sama dengan lebih efektif dan merata pada satu waktu yang sama sekaligus bisa saling berkenalan antar siswa lain dalam satu lokasi simpul belajar maupun berkenalan secara langsung dengan peserta dari provinsi lainnya.

Simpul belajar Balai Taman Nasional Gunung Rinjani diikuti oleh 20 siswa dan siswi dari 10 SMA/SMK, yakni SMK ASSIMA' DARUL FALAH, SMKN 3 Mataram, SMA Negeri 4 Mataram, SMKN 1 LABUAPI, SMA NEGERI 1 LABUAPI, SMA Kertya Wisata Mataram, SMK KARYA ADI HUSADA MATARAM, SMAN Negeri 8 Mataram, SMK NURUL ISLAM SEKARBELA, dan SMA Nasional 3 Bahasa Budi Luhur Mataram. Siswa siswi pada hari pertama ini dengan perkenalan para peserta, games dan pemberian materi tentang Pemuda, Gerakan Lingkungan Hidup, dan Kearifan Lokal oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristekdikti.

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Rinjani



Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini