Road to HKAN 2023: Aksi Bersih Sampah di TWA Pelaihari

Selasa, 22 Agustus 2023 BKSDA Kalimantan Selatan

Batakan, 10 Agustus 2023 – Memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2023, Balai KSDA Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) menyelenggarakan aksi bersih sampah di Taman Wisata Alam (TWA) Pelaihari yang dihadiri Kepala Balai KSDA Kalsel Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M. Sc., Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) 1 Pelaihari Mirta Sari S.Hut, M.Si, diikuti oleh Dinas PUPR Kabupaten Tanah Laut, Dinas Pariwisata Kab. Tanah Laut, Dinas Perhubungan Kab. Tala, Kapolsek Kec. Panyipatan, Kepala Pos AL Batakan, KPH Tanah Laut, Daops Manggala Agni Tanah Laut, Pemerintah Desa Batakan, Tokoh masyarakat, Kelompok Pantai Maju Bersama, Kelompok Tani Lestari, Kelompok Jasa Penyeberangan Pulau Datu Desa Tanjung Dewa.


Setiap tahunnya Hari Konservasi Alam Nasional diperingati pada tanggal 10 Agustus. Peringatan nasional ini bertujuan untuk mengingatkan ke masyarakat akan pentingnya edukasi terkait ekosistem alam dan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga ekosistem alam, sehingga konservasi dapat menjadi bagian dari sikap hidup dan budaya bangsa. Tema Hari Konservasi Alam Nasional 2023 adalah “Hapungkal Himba Kalingu” memiliki makna “Jiwa Yang Damai dalam Harmoni Rimba Belantara”, Peringatan HKAN 2023 akan dilaksanakan di TWA Bukit Tangkiling Kalimantan Tengah tanggal 23-25 Oktober 2023.


Aksi bersih sampah di Pantai Cemara Asri Batakan (TWA Pelaihari) merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan lingkup BKSDA Kalsel. Ada sekitar 75 kg sampah yang terkumpul, umumnya sampah bekas plastik minuman dan makanan. Sampah yang terkumpul selanjutnya diserahkan ke mobil kebersihan Dinas LH Kabupaten Tanah Laut. (Ryn)

Sumber: Endah Wahyuni Kuswidyosusanti, S.Si. - Koordinator PJLKK Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini