Taman Nasional Gunung Merapi Hadir dalam Berbagai Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-78

Jumat, 18 Agustus 2023 BTN Gunung Merapi

Sleman, 18 Agustus 2023 - Hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 dirayakan secara meriah, di seluruh pelosok Indonesia. Demikian juga Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) mengikuti rangkaian upacara peringatan hari kemerdekaan di sekitar lokasi kerja.

Yang pertama, pelaksanaan upacara bendera di halaman kantor Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta. Seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan lingkup D.I Yogyakarta mengikuti upacara ini. Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (P3EJ) bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam kesempatan ini, juga dilaksanakan penyerahan hadiah lomba cabang olahraga antar UPT.

Kedua, pelaksanaan upacara oleh masyarakat sekitar kawasan TNGM di Dusun Canguk dan Pajegan, Desa Tegalmulyo. Terselenggara di teras Sapuangin Coffee and Farm, petugas Balai TNGM didapuk menjadi inspektur dan komandan upacara. Tak hanya sebagai petugas upacara hari kemerdekaan, petugas Balai TNGM mengikuti aneka perlombaan yang diadakan masyarakat.


Ketiga, pelaksanaan upacara bendera di halaman Gardu Pandang Boyong Kaliurang, dengan penyelenggara Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman. Diikuti oleh tamu undangan serta masyarakat sekitar Kaliurang, upacara berlangsung khidmat. Upacara ini dilanjutkan dengan flashmob, penilaian lomba tumpeng dan pertunjukan kesenian. Hadir dalam upacara ini, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Magelang Sleman, beserta anggota.

Keempat, pelaksanaan upacara bendera di Bungker Kaliadem, inisiasi Aliansi Mahasiswa Nusantara Yogyakarta. Aksi bersih sampah setelah upacara dilakukan peserta di lingkungan tersebut. Hadir dalam upacara ini, Kepala Balai TNGM beserta staf. Momen ini menjadi kesempatan untuk bersilaturahmi antar elemen masyarakat.

BTNGM juga turut serta dalam upacara bendera di kantor administratif lokasi kerja, yaitu di Kapanewon Cangkringan, Kapanewon Pakem, Kecamatan Dukun, serta Kabupaten Boyolali.

Kepala BTNGM, Muhammad Wahyudi, menyampaikan sinergi dan keakraban antara Balai TNGM dan para pihak baik instansi pemerintah, TNI, POLRI, swasta, terlihat dari perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 ini. Jika sinergi ini terjalin dengan baik, besar harapan dapat mewujudkan proses yang baik untuk Terus Melaju untuk Indonesia Maju, seperti tema perayaan tahun ini.


Sumber : Balai TN Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini