Aek Nauli Elephant Conservation Camp Disambangi DWP Ditjen PHLHK

Rabu, 16 Agustus 2023 BBKSDA Sumatera Utara

ANECC, 16 Agustus 2023. Aek Nauli Elephant Conservation Camp (ANECC) disambangi rombongan Dharma Wanita Persatuan (DWP) lingkup Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PHLHK), Rabu (15/8). Kunjungan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Pembinaan Pengurus DWP (Dharma Wanita Persatuan) Lingkup Direktorat PHLHK yang dipimpin langsung Ketua Dharma Wanita Ibu Jenny Muslim Rasio (Ny. Dr. Rasio Ridho Sani, M.Com, MPM/Direktur Jenderal PHLHK) didampingi jajaran Pengurus dan Anggota DWP dari Sumatera, DKI Jakarta, Jabalnusra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. 

Rombongan disambut Kepala Bidang KSDA Wilayah II Pematang Siantar, Buana Darmansyah, S.Hut.T beserta staf. Setibanya di ANECC Ketua Dharma Wanita menerima pengalungan bunga tamu kehormatan  dari Gajah Figo. Kemudian rombongan mengelilingi kawasan untuk pengenalan ANECC serta edukasi tentang satwa Gajah Sumatera, yang saat ini jumlahnya sebanyak 5 (lima) ekor, masing-masing: Gajah Figo, Gajah Ester, Gajah Siti, Gajah Pini dan Gajah Dini. 

Ketua Dharma Wanita beserta rombongan sangat terkesan dengan penyambutan yang diberikan tuan rumah pengelola ANECC, dalam hal ini  Kepala Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar beserta staf, mulai dari pengalungan bunga, dilanjutkan dengan pemberian informasi tentang Gajah Sumatera, memberi makan gajah serta foto bersama dengan gajah. Hal ini menjadi kesan yang menyenangkan dan akan terus dikenang karena sebagian besar dari rombongan merasakan pengalaman melihat gajah secara dekat dan bahkan bersentuhan dengan gajah adalah pengalaman pertama.


PUG KLHK merupakan suatu strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan gender menjadi satu dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan dan program pembangunan di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Menjawab kesenjangan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan antara perempuan dan laki-laki. PUG dimaksudkan juga untuk pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati, sehingga melalui Program PUG tidak menutup  kemungkinan DWP KLHK menjadi pelaku utama dalam konservasi Gajah Sumatera dan habitatnya.

Sumber : Lisbeth Manurung, S.Hut. (Penyuluh Kehutanan Muda) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini