Apresiasi Para Mitra yang Mendukung Kinerja BKSDA Kalsel

Selasa, 15 Agustus 2023 BKSDA Kalimantan Selatan

Banjarbaru, 3 Agustus 2023 – Baru-baru ini Balai KSDA Kalimantan Selatan, sebagai unit pelaksana teknis konservasi Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL) di daerah, telah memberikan apresiasi kepada para pihak atas kontribusinya dalam membantu program konservasi. Pada periode ini, beberapa pihak yang turut berperan tersebut adalah:

  1. Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Selatan (Bea Cukai Kalbagsel);
  2. Polres Hulu Sungai Tengah (Polres HST) dan
  3. Polsek Candi Laras Utara (Polsek CLU).

Bea Cukai Kalbagsel berperan dalam mengungkap perdagangan ilegal bagian satwa dilindungi berupa sisik Trenggiling (Manis javanica) sebanyak 360 Kg yang hendak dikirim ke Surabaya. Barang bukti berhasil disita dan tersangka sebanyak 4 orang diamankan. Polres Hulu Sungai Tengah telah berkontribusi dalam mengungkap perdagangan Kucing Kuwuk (Prionailurus bengalensis) dan Owa Jenggot Putih (Hylobates albibarbis). Tersangka saat ini sedang menjalani proses peradilan dan menunggu vonis. Sementara itu Polsek Candi Laras Utara berperan dalam membantu menyelamatkan Beruang Madu yang memasuki pemukiman penduduk dan menimbulkan keresahan warga. Dari kegiatan ini seekor Berung Madu berhasil dievakuasi dalam kondisi sehat.    


Pemberian apresiasi dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan secara khusus dilakukan langsung oleh Dirjen KSDAE, Prof. Dr. Satyawan Pudyatmoko, M.Agr., Sc., didampingi oleh Direktur Perencanaan Kawasan Konservasi Ahmad Munawir, S.Hut. M.Si. dan Kepala Balai KSDA Kalsel, Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc., kepada penerima penghargaan yaitu Bp. Iwan Kurniawan dan Bp. Yosafat Fatra Patuh (perwakilan Bea Cukai Kalbagsel), Raindhard Maradona, S.I.K, M.H, dan Soleyas, SH. (Polres HST), dan Ketut Sedemen, S.Ag dan Robert Pernandes, S.Sos. (Polsek CLU).


Menurut Kepala Balai KSDA Kalsel Dr. Mahrus, pemberian apresiasi kepada para pihak ini adalah bentuk perhatian dan rasa terima kasih KLHK melalui UPTnya kepada parapihak atas kepedulian yang diberikan dalam membantu program konservasi spesies yang dilakukan pemerintah. Dengan adanya apresiasi ini diharapkan akan semakin banyak lagi peran yang diberikan institusi atau lembaga dalam membantu program pemerintah dalam melindungi dan menjaga TSL sehingga kelestariannya akan tetap terjaga.  (jjm)

Sumber : Jarot Jaka Mulyono, S.Hut, M.Sc (Call Center BKSDA Kalsel) 



Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini