Peresmian Kantor Resort TWA Pulau Bakut

Selasa, 15 Agustus 2023 BKSDA Kalimantan Selatan

Barito Kuala, 2 Agustus 2023 – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) meresmikan Kantor Resort Taman Wisata Alam (TWA) Pulau Bakut yang berada di Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan. Pembangunan Kantor Resort di bangun atas kerjasama BKSDA Kalsel dengan PT. Adaro Indonesia untuk menunjang dan meningkatkan kinerja pegawai TWA agar lebih maksimal dan efisien. 

Peresmian dilakukan oleh Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Bapak Prof. Dr. Satyawan Pudyatmoko, S.Hut, M.Agr.Sc. serta dihadiri Direktur Perencanaan Kawasan Konservasi (RKK) Ahmad Munawir, S. Hut, M. Si., didampingi Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Bapak Dr. Mahrus Aryadi, M.Sc. dan Bapak Thoha dari PT Adaro Indonesia. Selain meresmikan, Dirjen KSDAE juga menjadi  salah satu narasumber utama dalam Seminar Nasional Konservasi Primata Endemik Borneo dengan tema “Pelestarian Lutung Dahi Putih”.


Dirjen KSDAE juga meninjau secara langsung pembangunan sarpras pendukung wisata dan telah dikerjakan sebagai implementasi dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BKSDA Kalsel dan PT. Adaro Indonesia. Sarpras pendukung wisata antara lain dermaga apung, loket karcis pintu, gerbang, musholla, WC/Kamar mandi, pusat informasi, jembatan titian dan menara pandang, serta menyaksikan film pendek terkait hidupan liar Bekantan di TWA Pulau Bakut. Beliau sangat mengapresiasi adanya kolaborasi dengan kelompok masyarakat dalam pengelolaan kawasan dan berharap pengelolaan kawasan wisata dan peningkatan kegiatan pariwisata terbatas ini dapat berdampak langsung bagi masyarakat di sekitar kawasan.

Kegiatan Peresmian Kantor Resort diakhiri dengan penanaman pohon Ketapang di depan klinik TWA Pulau Bakut oleh Dirjen KSDAE yang diikuti juga oleh Direktur RKK Bapak Ahmad Munawir, S.Hut., M.S, dan Guru Besar IPB Prof. Hadi Alikodra serta tamu undangan lainnya.


Kepala Balai KSDA Kalsel Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc. menyampaikan terima kasih kepada Bapak Direktur Jenderal yang telah menyempatkan hadir untuk berkunjung di TWA Pulau Bakut. Beliau juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan segera ditandatangani PKS Lanjutan karena PKS tahap pertama dengan PT Adaro Indonesia sudah berakhir pada bulan Juli 2023 yang lalu. 

TWA Pulau Bakut adalah salah satu kawasan konservasi di Kalimantan Selatan yang merupakan habitat Bekantan dengan tipe ekosistem hutan mangrove. Kawasan ini ditetapkan sebagai site monitoring spesies prioritas terancam punah Bekantan di Kalimantan Selatan sejak Tahun 2012 dengan luas kawasan ± 15,58 ha.(ryn)

Sumber: Imam Riyanto, S.Hut. (Kepala Resort TWA Pulau Bakut) 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini