Rayakan Hari Konservasi Alam Nasional, TNGM Reresik Tlogo Muncar

Selasa, 15 Agustus 2023 BTN Gunung Merapi

Sleman – 10/08/2023  Balai Taman Nasional Gunung Merapi bersama Paguyuban Pedagang Tlogo Putri, Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dan Masyarakat Peduli Api (MMA) Lingkup Pakem-Turi melakukan aksi bersih sampah dan penanaman pohon di Objek Wisata Alam (OWA) Tlogo Muncar.  Kegiatan aksi bersih sampah ini dilakukan dalam rangka peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2023. Puncak acara HKAN Tahun 2023 sendiri akan diselenggarakan Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Tangkiling, Provinsi Kalimantan Tengah. Tema HKAN tahun ini yaitu Hapungkal Himba Kalingu yang artinya jiwa yang damai dalam harmoni rimba belantara. 

Aksi bersih yang dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Agustus 2023 ini diikuti oleh 70 orang. Kegiatan ini dilakukan dengan memilah sampah menjadi beberapa kategori seperti sampah plastik dan sampah organik.  Sampah yang dikumpulkan sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.WIB yaitu sebanyak 3 kg sampah plastik. 

Dalam kegiatan ini dilakukan dialog antara Balai TNGM dengan paguyuban pedagang, MMP, dan MMA. Dalam dialog tersebut, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I, Sutris Haryanta, S.H. menyampaikan bahwa sejatinya, aksi bersih dapat dilakukan setiap bulan tanpa harus menunggu peringatan HKAN. Kepala Balai TNGM, Muhammad Wahyudi, S.P., M. Sc. pun menambahkan bahwa dengan adanya peringatan HKAN ini dapat menjadi semangat untuk bersama-sama mewujudkan harmoni bersama Merapi. 

Aksi bersih ini ditutup dengan penanaman pohon secara serentak. Jenis pohon yang ditanam yaitu Pronojiwo (Euchresta horsfieldii) sebanyak 5 (lima) pohon.  Pronojiwo sendiri merupakan salah satu tumbuhan asli Gunung Merapi yang juga sering dimanfaatkan masyarakat sebagai tanaman obat.


**

Pembuat dan penyunting berita : Ayu Diyah Setiyani

Penanggung jawab: Muhammad Wahyudi, S.P, M.Sc. (Kepala Balai) - 085244012365

FB: Taman Nasional Merapi

Twiter: @btngunungmerapi

IG: @btn_gn_merapi

Website : tngmerapi.id

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini