Penguatan Kelembagaan Pemberdayaan Masyarakat di Desa Tamiang Bakung

Senin, 14 Agustus 2023 BKSDA Kalsel

Kotabaru, 28 Juli 2023 – Langkah Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) dalam menjaga Kawasan Cagar Alam (CA) bekerjasama dengan masyarakat sekitar kawasan selalu ditingkatkan. Tujuannya tentu untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan masyarakat sekitar kawasan sehingga informasi tentang kawasan dan keamananannya bisa terus terpantau. Penguatan kelembagaan melalui pembentukan kelompok pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu cara agar silaturahmi dapat terus berjalan serta selaligus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan. 

2-2023-08-11 at 11.33.18

Desa Tamiang Bakung menjadi salah satu Desa yang berbatasan langsung dengan Kawasan Cagar Alam Teluk Kelumpang dan itulah alasan Tim Seksi Konservasi Wilayah III memilih Pembentukan KPM di Desa tersebut. Pembentukan kelompok dihadiri langsung oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Bapak Nikmat Hakim Pasaribu S.P., M.Sc beserta Tim SKW III, Nama KPM Desa Tamiang Bakung yaitu KPM Tamiang Bakung Bersama yang sepakat berkegiatan di bidang tanaman Jagung Manis. Alasan anggota kelompok memilih Jagung manis adalah karena melihat pemasaran dan jagung manis lebih mudah dan peminat lumayan banyak.

3-2023-08-11 at 11.33.57

Bapak Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi M.Sc menyampaikan pesan diharapkan usaha yang dilakukan oleh masyarakat dapat berkembang sehingga bisa membantu dalam perekonomian masyarakat dan menjadi alat komunikasi silaturahmi antara masyarakat dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan, sehingga Visi dan Misi dalam Pembentukan Kelompok ini terwujud yakni dengan terjaganya kawasan Cagar Alam di Sekitar Tempat Tinggal Masyarakat. Menjaga kekompakan kelompok dan saling peduli merupakan kunci keberhasilan kelompok.  (ryn)

Sumber : Maulinda, S.Hut (Staf SKW III Batulicin), Doc. by : M. Fattah Al Qifari (PEH SKW III Batulicin) 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini