Road to HKAN : Rembug Bareng Area Diksar Di kawasan TNGM

Kamis, 10 Agustus 2023 BTN Gunung Merapi

Klaten (09/08/2023) - Selama ini banyak organisasi pecinta alam melakukan kegiatan Pendidikan dan Latihan Lapangan khususnya bidang Gunung Hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).  Namun dengan status Gunung Merapi level 3 (siaga), maka perlu penelaahan lebih lanjut dimana lokasi terbatas yang aman.  

Sehingga pada hari Rabu, 9 Juli 2023, dilaksanakan diskusi dengan berbagai pihak, yaitu Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), SAR D.I.Yogyakarta, SAR Klaten, SAR Linmas Kaliurang, dan Kelompok Wisata (Pokwis) Sapuangin berkoordinasi menentukan rekomendasi lokasi yang dibutuhkan.  Kegiatan ini dilakukan di Sapuangin Coffee and Farm, Dusun Pajegan, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten.  

Dalam diskusi, banyak masukan serta rekomendasi dari para pihak yang hadir.  Diantaranya masukan dari BPPTKG yaitu lokasi atau area tersebut berada di luar rekomendasi bahaya Gunung Merapi dan hal tersebut bersifat dinamis.  Selain itu, perlu adanya sosialisasi terkait keamanan alat-alat BPPTKG yang berad di dalam kawasan.  

Kemudian SAR Klaten memberikan masukan untuk lokasi Diksar diupayakan lokasi yang mudah dijangkau sehingga tidak mempersulit ketika ada proses rescue. Selain itu, SAR Klaten mengingatkan untuk lokasi-lokasi Diksar juga jauh dari dampak kerusakan Kehati. 

Ditambahkan oleh SAR DIY memberikan masukan agar regulasi dari TNGM terkait kegiatan Diksar juga harus diperketat.  Adanya upaya pengecekan pra kegiatan dalam rangka memastikan keamanan kegiatan. Selain itu, masukan terkait mempertimbangkan area dengan aktivitas tradisional dan budaya juga tidak kalah penting. 

Hal senada juga kurang lebih sama disampaikan oleh SAR Linmas Kaliurang dan Pokwis Sapuangin (SAR Sapuangin) bahwa regulasi harus diketatkan dan lokasi medannya mudah dijangkau.

Kepala Balai TNGM, Muhammad Wahyudi, yang hadir langsung dalam kegiatan ini menyampaikan terimakasih dan berharap pertemuan seperti ini dapat dilakukan secara rutin.  Selain itu perlu adanya pelatihan SAR untuk petugas TNGM dan masyarakat mitra, sehingga skill dan pengetahuan SAR dimiliki.  Hal ini juga dalam rangka menyiapkan keterlibatan TNGM dalam pendampingan kegiatan - kegiatan alam bebas yang tentunya tetap berkoordinasi dengan SAR DIY, SAR Klaten, dll.  Jika memungkinkan dapat membantu tim gabungan.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Road to HKAN 2023.  Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2023 dengan tema Hapungkal Himba Karingu atau Jiwa Yang Damai Dalam Harmoni Hutan Belantara.  Puncak HKAN akan dilaksanakan di TWA Bukit Tangkiling Provinsi Kalimantan Tengah. 

***

Pembuat Berita : Khamdan Primandaru (Penyuluh Kehutanan Pertama)

Penyunting : Titin Septiana (PEH Muda)

Penanggung jawab: Muhammad Wahyudi, S.P, M.Sc. (Kepala Balai) - 085244012365

FB: Taman Nasional Merapi

Twiter: @btngunungmerapi

IG: @btn_gn_merapi

Website : tngmerapi.id

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini