Kapolda Sumut Dukung Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Selasa, 08 Agustus 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Medan, 8 Agustus 2023 - Dalam rangka membangun silaturahmi dengan Kepala Kepolisian  Daerah (Kapolda) Sumatera Utara yang baru, Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi, SH., SIK., M.Si., Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Rudianto Saragih Napitu, S.Si., M.Si., Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, Ir. Yuliani Siregar, M.AP., Kepala Balai Taman Nasional Batang Gadis, Teguh Setyawan, S.Hut., MM., dan mewakili Kepala Balai Pengelolaan DAS HL Wampu Sei Ular, melakukan audiensi di Mapolda Sumatera Utara, Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, pada Jumat 4 Agustus 2023.

Sebagaimana diketahui bahwa Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi dilantik oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolda Sumatera Utara pada Jumat, 14 Juli 2023 yang lalu. Sebelumnya pernah menjabat sebagai Kapolda Riau (2019) dan terakhir sebagai Asisten Operasi (Asops) Kapolri dari tahun 2021 sampai saat pelantikan sebagai Kapolda Sumatera Utara. Kehadiran Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara beserta rombongan disambut baik oleh Kapolda yang didampingi Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Sumatera Utara, Kombes Pol. Dr. Teddy Jhon S. Marbun, SH., M.Hum., serta pejabat teras lainnya.

Dalam pertemuan yang penuh  keakraban dan kekeluargaan ini, Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara menyampaikan gambaran singkat tentang tugas pokok dan fungsi dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara,  kondisi umum kawasan konservasi di Provinsi Sumatera Utara, dan pengelolaan Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL) beserta dengan penanganan  permasalahan yang dihadapi, baik itu berkaitan interaksi negatif warga dengan satwa liar maupun dalam penegakan hukum terhadap pelaku-pelaku tindak pidana pemilikan, perburuan dan perdagangan TSL. Selain itu, dipaparkannya juga kesiapsiagaan petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara di daerah yang berkolaborasi dengan aparat kepolisian maupun TNI dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumatera Utara. 

“Secara khusus, kami mengundang Jenderal untuk berkenaan menghadiri kegiatan pemusnahan barang bukti hasil dari penegakan hukum dibidang KSDA Hayati dan Ekosistemnya yang telah berkekuatan hukum tetap, baik yang ditangani oleh Balai Penegakkan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sumatera maupun yang juga ditangani oleh teman-teman dari jajaran Polda Sumatera Utara, direncanakan pada tanggal 10 Agustus 2023. Menjadi kehormatan bagi kami bila Pak Kapolda ikut menghadiri acara dimaksud,” ujar Rudianto Saragih Napitu mengakhiri paparannya.


Usai mendengarkan paparan, Kapolda mengapresiasi kinerja Balai Besar KSDA Sumatera Utara dan menyatakan siap mendukung serta berkolaborasi dalam menangani berbagai permasalahan dibidang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya di wilayah Sumatera Utara, sembari juga memohon dukungan dalam pelaksanaan tugas dan pengabdiannya. Berbagai pengalaman dibagi selama menjabat Kapolda Riau, khususnya dalam penanganan permasalahan kebakaran hutan dan lahan. Dan sebagai bukti komitmen kepeduliannya terhadap permasalahan lingkungan hidup dan kehutanan, Irjen Pol.  Agung Setya Imam Effendi, langsung melakukan gebrakan dengan melaksanakan operasi penertiban dapur arang kayu mangrove illegal di Desa Lingkungan Tangkahan Serai, Kelurahan Pangkalan Batu, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat, pada Senin 31 Juli yang lalu. 

Berkaitan dengan rencana Balai Besar KSDA Sumatera Utara untuk melakukan pemusnahan barang bukti tindak pidana, Kapolda menyatakan dukungan dan menugaskan Dirreskrimsus untuk membentuk Tim serta berkolaborasi dengan Balai Besar KSDA Sumatera Utara guna menginventarisasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi serta mengambil langkah-langkah penindakan hukum yang terukur di lapangan.

Diakhir silaturahmi, Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara didampingi Kepala Bidang Teknis Dr. Fifin Nopiansyah, S.Hut., M.P., Kepala Bidang KSDA Wilayah I Amenson Girsang, S.P., M.H., Kepala Bidang KSDA Wilayah II Buana Darmansyah, S.Hut.T, dan Kepala Bidang KSDA Wilayah III Hermanto M. Parlinggoman Sialagan, S.H., M.H. menyerahkan cenderamata kepada Kapolda Sumatera Utara


Sumber : Evansus Renandi Manalu (Analis Tata Usaha) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 3.7

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini